alexametrics
Minggu, 20 Sep 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Percantik Kawasan Kalibokor, Bangunan Liar di Tepi Sungai Ditertibkan

06 Agustus 2020, 14: 45: 16 WIB | editor : Wijayanto

PERLUAS SUNGAI: Pekerja berada di lokasi lahan taman di kawasan Jalan Kalibokor.

PERLUAS SUNGAI: Pekerja berada di lokasi lahan taman di kawasan Jalan Kalibokor. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mempercantik kawasan Kalibokor dengan membongkar bangunan liar untuk mempercantik area taman dan perluasaan sungai.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, area taman di kawasan Kalibokor itu juga akan dipercantik. Sehingga tanaman-tanaman yang kosong atau mati akan diganti lebih hijau, sehingga kawasan ini nantinya tidak jadi tempat pembuangan sampah sembarangan.

“Nanti akan ditanami pohon trembesi, tanaman pelindung dan bahkan melati jepang, sehingga di kawasan itu nanti akan betul-betul menjadi tempat untuk kreativitas anak muda Surabaya,” katanya.

Selain itu pihaknya akan membersihkan bebebrapa bangunan liar di kawasan tempat pembuangan sampah (TPS). “Jadi, bangunan itu kita bongkar supaya lebih bagus dan dia tidak boleh lagi berada di situ," terangnya.

Oleh karena itu, hingga beberapa hari ke depan pihaknya akan melakukan penanaman dan pembersihan di kawasan tersebut, termasuk akan memasang beberapa kursi hias seperti yang sudah ada di taman-taman lainnya di Kota Pahlawan.

Ia berharap, setelah kawasan Kalibokor itu sudah dipercantik, tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan di kawasan tersebut. “Kami berharap, warga juga merasa memiliki taman ini, sehingga merasa eman juga untuk merusak atau pun membuang sampah di sini,” harapnya.

Untuk pelebaran sungai di Kalibokor, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) akan melakukan pelebaran sisi kanan dan kiri sekitar tiga meter agar aliran airnya lebih lancar.

Menurut Kepala DPUBMP Erna Purnawati, pelabaran tersebut penting untuk menambah kapasitas saluran air, pasalnya sungai tersebut saat ini juga mengalami pendangkalan. “Yang dilebarkan tiga meter itu kemungkinan sepanjang 300 meter, ini untuk menambah kapasitas saluran di sana,” katanya. Pihaknya juga melakukan pengerukan sungai dari Hang Tuah dan Ngagel Timur Jembatan BAT. (rmt/nur)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP