alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya
Kurangi Kantong Plastik

Komunitas Pecinta Alam Surabaya Pakai Besek untuk Daging Kurban

30 Juli 2020, 21: 59: 41 WIB | editor : Wijayanto

CINTA ALAM: Komunitas pecinta alam Surabaya yang tergabung dalam SuperAdventure Surabaya saat menyerahkan hewan kurban.

CINTA ALAM: Komunitas pecinta alam Surabaya yang tergabung dalam SuperAdventure Surabaya saat menyerahkan hewan kurban. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Tiga komunitas pecinta alam dengan basis massa besar di Surabaya yakni Semanggi Alas, Dagelan Adventure, dan Pendaki Gunung Surabaya yang diwadahi Uprise Surabaya berkolaborasi dalam acara komunitas berbagi.

Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai, para pecinta petualangan ini memakai besek untuk wadah daging kurban. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program bertajuk Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota.

Ada lebih dari 15 ribu anggota yang tergabung dalam komunitas besar ini. Komunitas itu di antaranya SuperAdventure, SuperSoccer, Bold Riders, dan Heppiii Community, kemudian yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali terjadi ini. 

“Untuk kami di Surabaya sengaja memilih besek sebagai upaya mendukung pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apalagi kami sebagai komunitas pecinta alam tentunya kami sangat konsen terhadap pelestarian alam. Karena sampah plastik saat ini selain susah diurai dan membahayakan lingkungan dan kesehatan, juga jumlahnya makin banyak,” kata Bambang Purwanto dari Dagelan Adventure, Rabu (29/7).

Koordinator acara komunitas berbagi Fariz Affandy mengatakan pihaknya sudah menyediakan beberapa besek untuk wadah daging kurban. Nantinya daging kurban akan dibagi di sejumlah titik.

“Untuk Semanggi Alas distribusi kambing ke pondok pesantren. Untuk Dagelan Adventure di distribusikan ke juru kunci tokoh-tokoh penting Surabaya,” jelasnya.

Pembagian daging kurban juga akan diberikan kepada masyarakat di seputar basecamp para komunitas ini. Selama ini mereka juga turut mendukung kegiatan komunitas serta ikut menjaga lingkungan sekitar. 

Uprise Surabaya ini mewadahi komunitas pecinta alam Semanggi alas, Dagelan Adventure, serta Pendaki Gunung Surabaya.

Sejumlah kegiatan mereka seperti pelestarian lingkungan dengan mencabuti paku di pohon perindang, kemudian penghijauan di bukit gunung yang gundul, termasuk perbaikan fasilitas pendakian di sejumlah gunung di Jawa Timur dan sekitarnya. (opi)

(sb/opi/jay/JPR)

 TOP