alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Ikan Cupang Digandrungi karena Multiwarna dan Mudah Pemeliharaan

26 Juli 2020, 02: 55: 50 WIB | editor : Wijayanto

BOOMING: Doni Maulana, kolektor sekaligus petani ikan cupang mengamati koleksi ikan cupangnya.

BOOMING: Doni Maulana, kolektor sekaligus petani ikan cupang mengamati koleksi ikan cupangnya. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Bagi yang lahir di tahun 1990-an pastinya pernah memelihara ikan cupang. Kini, ikan mungil yang memiliki berbagai corak warna itu sedang digandrungi lagi oleh mereka yang pernah memeliharanya. 

Selain untuk nostalgia, ternyata selama bertahun-tahun ikan cupang juga ada kontes dan penikmat setia yang hingga kini masih eksis. Seperti halnya Doni Maulana, yang sudah bergelut di dunia ‘percupangan’ sejak akhir 1998 ini. 

Menurut Doni, ikan air tawar bernama latin betta fish ini memang sedang booming lagi di kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa memburu ikan hias berekor lebar ini. “Tapi, yang booming saat ini bagi yang sekadar ingin memelihara saja. Sedangkan bagi penggemar beratnya, cupang ini sejak dulu sudah diminati mulai dari kalangan menengah ke atas,” kata Doni, ketika ditemui di rumahnya. 

MULTICOLOR: Salah satu jenis ikan cupang yang digandrungi dan berharga mahal.

MULTICOLOR: Salah satu jenis ikan cupang yang digandrungi dan berharga mahal. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Yang banyak diburu penghobi atau pemula saat ini adalah jenis cupang plakat dengan corak warna multicolor, koi galaxy dan warna solid. Selain itu, ada juga yang memburu jenis cupang halfmoon. Perbedaanya, dari segi ekor ikan, cupang halfmoon ketika melebarkan ekornya menyerupai bulan sabit dengan ukuran yang lebih lebar. 

Sedangkan cupang plakat, ikan ini bentuknya lebih pendek dan sangar. Meski sangar, warna indahnya tetap menarik mata penghobinya. “Dua ini yang paling banyak diminati orang-orang. Karena bentuknya indah dan cocok untuk perlombaan atau hiasan di rumah,” tuturnya.  

Ia menjelaskan, harga cupang saat ini melejit karena corak dari genetik warnanya yang berubah-ubah. Semakin bagus perawatannya, ikan cupang akan semakin terlihat indah. “Ada yang jenis warna koi, multi color, marble ada juga yang warna solid,” ujarnya. 

Selain warna, ikan cupang juga mudah perawatannya. Hanya cukup diberi space soliter atau wadah kaca berukuran minimal 20x15. Tak hanya itu, ikan ini cukup diberi makan kutu air, cacing sutra dan larva nyamuk.

“Penggantian airnya cukup lima hari sekali atau seminggu agar ikan tidak stres. Supaya ikan sehat, kalau bisa penggantian airnya pakai air sumur atau air isi ulang. Tidak usah filter air sudah bisa hidup,” tuturnya.

Petani cupang kawakan asal Surabaya ini menjelaskan, per ekor cupang hasil breeding-nya pernah dibandrol hingga jutaan rupiah. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP