alexametrics
Sabtu, 27 Feb 2021
radarsurabaya
Home > Politik Surabaya
icon featured
Politik Surabaya

Paguyuban Seni se-Surabaya Dukung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya

25 Juli 2020, 18: 43: 00 WIB | editor : Wijayanto

Paguyuban Seni se-Surabaya Dukung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya

SURABAYA - Para seniman Kota Surabaya memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan aspirasinya. Termasuk saat menyatakan dukungan kepada calon Wali Kota (Cawali) Surabaya Machfud Arifin. Mereka membuatkan lagu untuk Cak Machfud.

"Alunan musik dan nyanyian kita persiapkan khusus untuk Pak Machfud dalam acara sambung rasa. Ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan dari pegiat seni Kota Surabaya untuk beliau," ungkap Pembina Seni Kota Surabaya, H. M. Suprapto Santoso.

Suprapto mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut hadir ratusan paguyuban seni se-Surabaya. Mereka kompak memberikan dukungan untuk Machfud Arifin.

"Saya mangundang 125 perwakilan dari setiap paguyuban seni di Surabaya dalam acara sambung rasa bersama Machfud Arifin ini. Setiap paguyuban yang hadir ikut mendukung Pak Machfud untuk menjadi wali kota Surabaya ke depannya," ungkapnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, kepedulian Cak Machfud terhadap keberlangsungan kesenian di Surabaya tak perlu diragukan lagi. Terbukti, dia melanjutkan, Cak Machfud dengan tegas berkomitmen akan menghidupkan kembali Taman Hiburan Rakyat (THR) yang sudah lama mati suri. 

"Ketika saya ngobrol bersama Pak Machfud Arifin, beliau juga memperhatikan para pegiat seni dan budaya di Surabaya. Bahkan THR itu akan difungsikan kembali oleh beliau dan saya yakin itu bisa dilakukan oleh Pak Machfud Arifin," kata dia.

Tak cukup sampai di situ, Suprapto juga mengungkapkan Cak Machfud juga memiliki rencana jauh kedepan untuk para pegiat seni dan budaya. Selain itu, Cak Machfud menyiapkan tempat untuk para pegiat seni. 

"Selain memberdayakan yang sudah ada, Pak Machfud sangat berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang dapat dinikmati oleh setiap elemen masyarakat termasuk pegiat seni dan budaya. Beliau bisa mewujudkan pembangunan untuk kepentingan seluruh elemen masyarakat," pungkas Ketua Sanggar Seni Sinar Baskhara ini.

Sementara itu, Cawali Surabaya Machfud Arifin mengatakan akan berkolaborasi dengan para seniman mewujudkan kota yang bahagia. Salah satunya dengan menghidupkan kembali THR, menyediakan wadah kesenian dan kebudayaan serta meningkatkan alokasi anggaran dari pemerintah kota. 

"Kesenian dan kebudayaan adalah salah satu potensi yang kita miliki di Kota Surabaya, miris kita jika hanya dibiarkan begitu saja dan berjalan secara mandiri. Padahal pemerintah harus hadir dan terlibat, ke depannya akan saya upayakan diperbaiki," ujar Cak Machfud.

Mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Amin ini juga menyampaikan pemanfaatan potensi kesenian dan budaya juga mencakup semua kalangan usia. Oleh karenanya pemberdayaan seni ini harus mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Belum lagi saat ini alokasi anggaran yang dikeluarkan pemerintah Kota Surabaya hanya menyentuh angka 22 juta rupiah. Para seniman juga harus rela membayar sewa ketika ingin tampil di gedung pemuda.

"Potensi keseninan dan budaya ini mencakup lintas generasi, termasuk generasi muda. Namun ini tidak terfasilitasi karena kurangnya keterlibatan pemerintah, Insya Allah jika saya jadi Wali Kota Surabaya hal ini akan kita perhatikan," tutupnya. (rud)

(sb/rud/jay/JPR)

 TOP