alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Gresik
icon featured
Gresik

Tekan Kasus Covid-19, Forkopimda Gresik Luncurkan Mobil Sosling

30 Juni 2020, 07: 50: 24 WIB | editor : Wijayanto

TEGAS: Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menempelkan stiker disiplin dalam menekan perkembangan Covid-19 di Gresik

TEGAS: Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menempelkan stiker disiplin dalam menekan perkembangan Covid-19 di Gresik (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK - Presiden Joko Widodo akhir pekan lalu menggelar rapat bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo meminta kepada Pemprov Jatim untuk menurunkan angka Covid-19 dalam dua minggu.

Mendapat perintah Presiden Jokowi tersebut, Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tancap gas mengeluarkan gebrakan. Salah satunya menyulap mobil dinas menjadi kendaraan sosialisasi keliling (Sosling) dan penegakan protokol kesehatan.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto mengatakan, mobil Toyota Kijang Innova yang disulap menjadi kendaraan operasional untuk penegakan protokol kesehatan tersebut merupakan kendaraan dinas yang dipakai pejabat eselon II Pemkab Gresik. 

WAJIB DIPAKAI : Petugas kesehatan akan berkeliling memantau perkembangan kasus dengan menggunakan mobil sosling yang baru diluncurkan Bupati Gresik Sambari dan forkompimda di kantor pemkab.

WAJIB DIPAKAI : Petugas kesehatan akan berkeliling memantau perkembangan kasus dengan menggunakan mobil sosling yang baru diluncurkan Bupati Gresik Sambari dan forkompimda di kantor pemkab. (ISTIMEWA)

Dalam masa pandemi, kendaraan tersebut akan difungsikan sebagai kendaraan yang akan keliling di setiap desa yang ada di Gresik sambil menyampaikan imbauan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. “Silakan gunakan kendaraan ini untuk menggebrak semangat pejuang Covid-19 dan sosialisasi serta penegakan disiplin protolol kesehatan di seluruh desa di Gresik. Kami terget sehari bisa melaksanakan keliling di tiga desa,” kata Sambari.

Sambari berjanji, bila pada akhir Juli nanti kasus Covid 19 di Gresik mengalami penurunan atau bahkan sudah tidak ada lagi penambahan, kendaraan tersebut akan diberikan kepada pihak kecamatan untuk operasional tetap. “Kendaraan ini harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Khususnya dalam memberikan imbauan, membagikan masker bahkan untuk menegakkan Perbup 22 tahun 2020,” imbuhnya.

Selain dilengkapi dengan sepasang pengeras suara dan sirine, juga ditempeli stiker yang bertuliskan ‘Melaksanakan disiplin protokol kesehatan adalah vaksin Covid 19’.  Stiker tersebut ditempel pada pintu samping kanan dan kiri serta kaca bagian belakang mobil. Bupati dua periode itu juga meminta agar seluruh kendaraan plat merah di Gresik dipasangi stiker yang sama.

“Bagi yang tidak mau memasang stiker imbauan ini, kendaraan akan saya tarik. Kesehatan adalah tanggung jawab kita semua. Kesehatan dimulai dari saya,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Dandim 0817 Gresik, Letkol Inf Budi Handoko meminta agar seluruh pihak serius dalam menangani pandemi Covid 19. Dandim meminta kepada Camat yang hadir agar mengajak tiga pilar yaitu pihak Polsek dan pihak Koramil untuk melaksanakan aksi tersebut. “Sesuai arahan presiden kita harus punya perasaan yang sama dalam menangani wabah ini. Tidak boleh ada yang bersandiwara. Sudah bukan saatnya kita menganggap hal ini merupakan hal yang biasa,” kata Dandim.

Sementara itu, Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto meminta para camat untuk menghubunginya apabila ada Kapolsek yang tidak mau diajak patroli.

“Silakan telepon saya jika ada jajaran polisi yang malas atau tidak semangat dalam menjalankan patroli malam pukul 22.00 WIB,” tegasnya. (fir/han)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP