alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Politik Sidoarjo
icon featured
Politik Sidoarjo

Pemilih Pemula Tambah 4 Ribu Orang, KPU Akan Rekrut PPDP

29 Juni 2020, 23: 14: 10 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (ISTIMEWA/JPNN)

Share this      

SIDOARJO – Secara resmi, Kemendagri telah menyerahkan data pemilih pemula tambahan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Perencanaan dan Data Musonif Afandi menyebut jika data tambahan pemilih pemula di Sidoarjo ada 4.397.

Musonif menjabarkan, data nasional yang diserahkan ke KPU RI mencapai 456.256 pemilih. Data itu kemudian diturunkan ke sejumlah daerah yang menggelar pilkada. “Di Sidoarjo ada tambahan 4.397 pemilih,” terangnya.

Guna memantapkan data dalam Pilkada yang bakal digelar Desember nanti, KPU juga sudah ancang-ancang. Saat ini pihaknya tengah bersiap untuk merekrut Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).

Sesuai Peraturan KPU No 5 tahun 2020, pembentukan PPDP dimulai pada 24 Juni sampai 14 Juli 2020. Sedangkan pada 15 Juli sudah harus bertugas untuk proses pencocokan dan penelitian (coklit). Petugas PPDP inilah yang bertanggung jawab memvalidkan data pemilih, termasuk data tambahan pemilih pemula yang baru diserahkan.

Pembentukan PPDP sendiri juga bakal disesuaikan dengan ketentuan baru dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Dengan adanya pandemi Covid-19, KPU bakal menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Karena jumlah maksimal pemilih di TPS juga terbatas. Yakni tidak lebih dari 500 orang.

Otomatis, penambahan TPS juga bakal menambah jumlah personil PPDP. Termasuk kelengkapan atau logistik di TPS. Untuk coklit sendiri, KPU memiliki waktu pada tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus mendatang. Sehingga, sebelum tanggal tersebut, KPU harus memastikan anggota PPDP siap bertugas. (son/nis)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP