alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Features Sidoarjo
icon featured
Features Sidoarjo

Sisipkan Pesan Moral Lewat Dongeng ke Anak-anak

29 Juni 2020, 23: 06: 00 WIB | editor : Wijayanto

BERCERITA: Harris Rizki Akhiruddin mendongeng di kawasan GOR Delta, Minggu (28/6) lalu.

BERCERITA: Harris Rizki Akhiruddin mendongeng di kawasan GOR Delta, Minggu (28/6) lalu. (RIZKY PUTRI PRATIMI/ RADAR SURABAYA)

Share this      

SIDOARJO - Tiga anak mendengarkan dengan seksama dongeng sepasang sahabat Burhan dan Faiz yang diceritakan Harris Rizki Akhiruddin. Dia menceritakan dongeng tersebut bersama boneka tangannya yang diberi nama, Ayis.

“Untuk mengisi kejenuhan anak-anak di rumah, dongeng jadi pilihan,” katanya yang ditemui saat menghibur tiga anak yang kebetulan sedang bermain di area GOR Delta, kemarin.

Selain menghibur, Harris mengatakan bahwa dongeng memiliki sejuta manfaat bagi anak. Salah satunya memberikan pesan moral tanpa terkesan menggurui. Dalam setiap dongengnya, pria kelahiran 18 Maret 1983 itu selalu menyisipkan nasihat tertentu. Tolong menolong, sopan santun kepada orang tua, juga adab berperilaku pada teman.

Seperti dongeng Burhan dan Faiz itu. Tersirat pesan bahwa kejahatan tidak boleh dibalas dengan kejahatan. Faiz anak yang keras kepala dan suka berperilaku tidak baik pada Burhan. Bukannya membalas jahat, tapi Burhan selalu memaafkan perilaku Faiz. “Jadi, kalau ada teman yang jahat, kita harus tetap baik ya,” ucapnya pada anak-anak itu.

Tidak lupa ia juga menyelipkan anjuran perilaku hidup bersih dan sehat ditengah ceritanya itu. Lanjut Harris, dari pengalamannya dunia dongeng sejatinya masih diminati anak-anak. Semangat itulah yang membawa Harris untuk tetap semangat mendongeng. Mengunjungi satu tempat ke tempat lain ataupun mendongeng melalui video. (rpp/vga) 

(sb/rpp/jay/JPR)

 TOP