alexametrics
Sabtu, 11 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

PLN Peduli Sentuh UMKM Surabaya

29 Juni 2020, 20: 48: 06 WIB | editor : Wijayanto

SIMBOLIS: Penyerahan bantuan untuk KUB Mandiri Abadi Jaya yang bergerak di usaha amenities (slipper hotel).

SIMBOLIS: Penyerahan bantuan untuk KUB Mandiri Abadi Jaya yang bergerak di usaha amenities (slipper hotel). (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA – Berangkat dari komitmen PT PLN (Persero) untuk menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi, maka PLN memberikan bantuan yang bertujuan untuk menjadi community empowering.

Bentuk bantuan ini nantinya diharapkan dapat mendukung kemandirian masyarakat khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Usaha yang disentuh pun berbagai macam bentuk. Selain itu bantuannya juga beragam sesuai kebutuhan masing-masing.

Seperti yang dilakukan oleh dua unit PLN yakni PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) I dan Unit Pelaksana Proyek Pembangkit dan Jaringan (UPP Kitring).  Pada bulan Mei dan Juni ini, pihaknya menyerahkan bantuan demi mendukung kemandirian usaha masyarakat.

DUKUNG UKM: Penyerahan bantuan pengembangan usaha hidroponik Kebun Sayur Surabaya senilai Rp 60 juta.

DUKUNG UKM: Penyerahan bantuan pengembangan usaha hidroponik Kebun Sayur Surabaya senilai Rp 60 juta. (ISTIMEWA)

Ada pun bantuan yang diberikan adalah bantuan ke usaha hidroponik “Kebun Sayur Surabaya”. Bantuan yang diberikan dalam bentuk sarana atau prasarana usaha. Tak hanya itu, PLN juga memberikan bantuan biaya pengurusan perijinan serta sertifikasi.

Di sisi lain, PLN UIP JBTB I juga memberikan bantuan ke usaha makanan (bakery) yaitu CV BIG’s. Bantuan yang diberikan merupakan bantuan berkelanjutan yang pada tahun ini telah memasuki tahun kedua. Di tahun pertama, pihaknya telah memberikan bantuan berupa biaya pengurusan sertifikasi halal yang telah keluar di tahun ini. Dengan adanya sertifikasi maka pasar yang bisa dimasuki pun akan lebih luas dan dapat membantu meningkatkan penjualan kue.

Tak hanya itu, bantuan ke usaha amenities (sabun dan shampoo) UKM Putat Jaya di daerah eks Dolly juga diberikan. Pihaknya mengatan di UKM yang juga merupakan binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya ini, bantuan yang diberikan adalah bantuan sarana dan prasarana serta alat produksi sabun dan shampoo. Sama seperti usaha sebelumnya, PLN juga membantu untuk biaya sertifikasi dan perijinan.

Sementara itu, PLN Peduli kembali menyalurkan bantuan kepada kelompok usaha bersama (KUB) yang tergolong dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berada di eks lokalisasi Dolly.

Kelompok yang berperan sebagai pembuat amenities hotel berupa slipper atau alas kaki ini sebelumnya telah mendapatkan pelatihan wira usaha oleh Dinas Koperasi Pemerintah Kota Surabaya. Upaya ini kemudian dilanjutkan pengembangannya oleh PLN melalui program PLN Peduli dengan pemberian bantuan fasilitas alat berupa mesin jahit.

Selain itu, juga disertai dengan kelengkapan alat penunjang lain sehingga dapat maksimal memenuhi permintaan untuk kebutuhan amenities slipper dari hotel di Surabaya senilai Rp.65 juta.

“Bantuan ini diberikan selain sebagai wujud kepedulian PLN terhadap perkembangan UMKM, juga kepedulian perekonomian MBR. Juga sebagai bentuk sinergi untuk mendukung program Pemerintah Kota Surabaya di tengah pandemi yang berlangsung saat ini”, terang General Manager PLN  UIP JBTB II, Djarot Hutabri.

Djarot juga menyampaikan bahwa, program PLN Peduli memiliki beberapa kriteria yang menjadi perhatian utama, termasuk salah satunya mengutamakan pemberdayaan potensi masyarakat yang untuk  membantu pergerakan perekonomian masyarakat.

Bantuan yang diberikan kepada KUB Bersama ini diharapkan dapat berkembang dan menjalankan perekonomian kelompok dengan baik dan nantinya bisa mendapatkan Surat Ijin Usaha sehingga dapat menerima permintaan kebutuhan amenities slipper dari hotel dalam jumlah yang lebih besar lagi dan mampu untuk naik kelas.

Chumaidi, ketua KUB Mandiri Abadi Jaya sebagai penerima bantuan menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Surabaya juga kepada PLN dengan pelaksanaan program PLN Peduli.

“Saya dan teman-teman di KUB menyampaikan terima kasih kepada PLN. Tentunya juga kepada Dinas Pemerintah Kota Surabaya yang menghubungkan kami hingga mendapatkan dukungan dari program PLN Peduli,” ungkap Chumaidi.

Chumaidi selanjutnya mengungkapkan bahwa dirinya dan rekan KUB lainnya bersemangat untuk segera memulai pekerjaan karena bantuan dari PLN Peduli telah diterima pada pertengahan Juni tahun ini. “Bantuan sudah diberikan oleh PLN sesuai dengan kebutuhan kelompok, semoga bisa segera dilakukan sambil menunggu lokasi kelompok fix,” lanjut Chumaidi.

Melalui program-program PLN ini, diharapkan para pengusaha mikro, kecil, dan menengah dapat semakin berkembang. Baik itu secara pasar, omzet, dan secara umum di bidang ekonomi. Dengan berkembangnya usaha ini pula, tentu dapat membawa manfaat di lingkungan sekitar. Seperti membuka lapangan kerja baru maupun membawa benefit untuk sekitar serta dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

Pentingnya peran UMKM untuk dapat aktif turut memengaruhi hasil akhir dari bantuan ini. PLN Peduli dan Masyarakat berharap penerima manfaat dapat saling bersinergi dalam bersama-sama mengentaskan kemiskinan di negeri ini demi menuju Indonesia sejahtera. (*)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP