alexametrics
Sabtu, 11 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Dorong Perpustakaan Desa dengan E-Book

27 Juni 2020, 23: 50: 41 WIB | editor : Wijayanto

UNGGULAN: Visitasi Perpus Provinsi Jatim ke perpustakaan Yamuyasi Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung.

UNGGULAN: Visitasi Perpus Provinsi Jatim ke perpustakaan Yamuyasi Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung. (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Kegiatan literasi di desa semakin menggeliat. Setidaknya sudah ada 144 desa memiliki perpustakaan sendiri. Untuk mengikat minat membaca warga sekitar, perpustakaan desa harus mampu berinovasi. Tidak hanya menyediakan buku fisik, tapi juga buku elektronik (e-book). 

Seperti Perpustakaan Yamuyasi (Yang Muda Yang Berkreasi) di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung. Tahun ini perpustakaan yang dikelola oleh karang taruna desa setempat itu masuk dalam enam besar lomba perpustakaan desa tingkat provinsi. 

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidoarjo, Anah Musyarifah mengatakan, keunggulan e-book inilah yang menghantarkan perpus desa itu ikut kontestasi level Jatim. Di tengah pandemi Covid-19, e-book memudahkan pembaca untuk bisa menyalurkan hobinya. "Petugas perpus yang kirim via whatsapp," katanya. 

Sebelumnya perpustakaan desa di Sidoarjo sudah pernah merasakan lomba di tingkat yang sama. Tahun 2018 perpustakaan Desa Siwalanpanji Kecamatan Buduran menduduki peringkat tiga. Tahun 2019 perpustakaan Desa Wage Kecamatan Taman berhasil menduduki peringkat dua. 

Anah menambahkan, majunya perpustakan desa tidak lepas dari perhatian pemerintah desa serta warga itu sendiri. Anggaran pengembangan perpustakaan desa sesuai dengan perda penyelenggaraan perpustakaan bisa diambilkan dari APBDes. (rpp/vga) 

(sb/rpp/jay/JPR)

 TOP