alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Ekonomi Surabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Jalin Kemitraan, KBI Terus Dorong Pertumbuhan UMKM

26 Juni 2020, 21: 23: 29 WIB | editor : Wijayanto

Jalin Kemitraan, KBI Terus Dorong Pertumbuhan UMKM

SURABAYA - Untuk meningkatkan kinerja pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) kembali melakukan kemitraan. Tujuannya agar UMKM semakin maju dan berkembang ke depan. 

Menurut Fajar Wibhiyadi, direktur utama PT KBI, sebagai salah satu BUMN pihaknya merasa bertanggungjawab uintuk mendukung kemajuan UMKM di Indonesia.

Karena itu, lewat dana corporate social responsibility (CSR), pihaknya secara aktif menjalin kemitraan dengan UMKM dan bina lingkungan. 

“Lewat program kemitraan ini kami berharap mampu mendorong perkembangan ekonomi masyarakat serta menjalankan peran BUMN sebagai agen pembangunan ekonomi di Indonesia,” kata Fajar Wibhiyadi.      

Dijelaskan, tahun 2019, KBI telah merealisasikan program kemitraan dengan menyalurkan dana sebesar Rp 6 miliar. Dana  tersebut digulirkan untuk 127 mitra binaan di Indonesia yang berasal dari sektor pertanian dan perikanan. 

“Tahun 2020 ini kami rencanakan ada peningkatan menjadi 220 mitra binaan,” tambahnya. 

Dikatakan, program kemitraan ini telah terbukti efektif meningkatkan kinerja UMKM mitra binaan. Sebagai contoh, salah satu mitra binaan di Sulawesi Selatan yang bergerak dalam komoditas rumput laut. 

Pada tahun 2019, sebelum ada kemitraan dengan KBI, hasil dari budidaya rumput laut 500 bentangan sebanyak 3.500 kilogram rumput laut kering saat panen. Setelah ada program kemitraan hasilnya meningkat menjadi 5.450 kilogram rumput laut kering.

“Hal ini karena adanya tambahan bentangan menjadi 780 bentangan. Satu bentangan setara dengan 25 meter yang menghasilkan 70 kilogram rumput laut basah. Setelah dikeringkan menyusut menjadi 7 kilogram,” ujarnya. 

Fajar mengaku, salah satu Program Kemitraan yang dilakukan memberikan pinjaman dengan pola Jaminan Resi Gudang. Sehingga menjamin kelancaran usahanya terutama bagi pelaku UMKM termasuk petani yang seringkali menghadapi masalah pembiayaan karena keterbatasan akses dan jaminan kredit. 

Program Kemitraan dengan Jaminan Resi Gudang yang dilakukan KBI yaitu pinjaman diberikan kepada mitra binaan baik itu Perorangan, Kelompok Tani (POKTAN), Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN), atau Koperasi. Dengan program ini para petani diharapkan dapat terhindar dari rentenir dan tengkulak. 

“Ke depan, KBI akan terus meningkatkan jumlah mitra binaan serta sektor usahanya. Selain perikanan dan pertanian, ke depan beberapa sektor lain juga akan kami kembangkan sehingga KBI semakin berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat” tandas Fajar Wibhiyadi. (fix/jay)

(sb/fik/jay/JPR)

 TOP