alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Hukum & Kriminal Surabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Tergiur Keuntungan Jutaan Rupiah, Uang Rp 350 Juta Amblas

26 Juni 2020, 17: 32: 27 WIB | editor : Wijayanto

Tersangka Hengky Melkior Sopaheluwakan

Tersangka Hengky Melkior Sopaheluwakan (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Tergiur janji mendapat keuntungan besar, Wisnu Anggara, 33, warga Griya Permata Alam Blok KO, Malang, harus kehilangan uang Rp 350 juta. Wisnu yang merasa tertipu akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Petugas mengamankan tersangka Hengky Melkior Sopaheluwakan, 39, warga Jalan Karang Rejo III, Wonokromo, Surabaya. PS Kanit PPA Satreskrim Polrestabes Surabaya Iptu Haris mengatakan, pihaknya menangkap tersangka Hengky di rumahnya.

Hengky ditangkap tanpa perlawanan dan mengakui telah menggelapkan uang korban. "Uang Rp 350 juta sudah habis digunakan tersangka untuk mencukupi kebutuhannya," katanya.

Kejadian penipuan tersebut bermula ketika korban dijanjikan investasi oleh tersangka. Mereka akhirnya sepakat bertemu di salah satu kafe di Jalan Ir Soekarno, Surabaya. Saat itu korban mendapat penjelasan mengenai investasi yang ditawarkan.

Korban diajak untuk investasi modal ke salah satu bank. Investasi itu untuk nasabah yang ingin top up kreditnya. "Korban dijanjikan keuntungan 7,5 persen dan bunga serta modal akan kembali 3-4 hari," ujarnya.

Korban yang tergiur dengan janji tersebut akhirnya menyerahkan modal Rp 350 juta. Korban menyerahkan uang tersebut secara bertahap. Tiga kali pengiriman dilakukan melalui transfer. Hingga akhirnya seluruh uang dibawa oleh tersangka.

"Ada bukti transfer yang diserahkan ke kami. Ini sebagai bukti penipuan dan penggelapan yang dilakukan tersangka," ungkap Haris.

Tersangka mengaku uang tersebut tidak disetor seperti investasi yang ditawarkan ke korban. Uang sebanyak itu dibawa oleh tersangka dan digunakan untuk keperluannya. "Korban percaya karena tersangka pernah jadi teman kerjanya. Ia tidak mengira bakal ditipu temannya sendiri,'' terangnya. (gun/rek)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP