alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

DIY Plant Kit Cara Praktis Menanam dengan Media Air

19 Juni 2020, 16: 56: 11 WIB | editor : Wijayanto

MONSTERA: Elvira menunjukkan paket DIY Plantt Kit merawat tanaman menggunakan media air.

MONSTERA: Elvira menunjukkan paket DIY Plantt Kit merawat tanaman menggunakan media air. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Ingin memelihara tanaman kini tak perlu repot kotor. Melalui tutorial atau bahasa gaulnya do it yourself (DIY) Elvira Siska membagikan tips mudah merawat tanaman di rumah. 

Dalam DIY-nya, Elvira menerangkan beberapa trik menanam, mulai awal hingga tumbuh menjadi tanaman yang sedap dipandang mata. Awalnya Elvira mengubah cara penanaman menggunakan media air.

Menurutnya, cara ini lebih cocok untuk orang yang tidak memiliki lahan luas dan tidak ingin tampak kotor, lantaran tidak membutuhkan tanah pada proses pertumbuhannya. “Di situ saya memikirkan cara lain agar orang tetap mau belajar menanam tapi nggak terlalu merepotkan,” kata Elvira.

Bahkan sebelum resmi meluncurkan DIY plant kit ini, Elvira sempat bertanya ke pengikutnya di Instagram tentang ketertarikan mereka dengan media air.

Di dalam DIY plant kit yang dirancang Elvira, terdapat bahan dan alat yang dibutuhkan untuk penanaman media air, seperti botol kaca, petunjuk penggunaan dan beberapa pilihan tanaman. Di antaranya adalah tanaman monstera adansoni, sirih belanda, dan mint, wooden atau tatakan. Selain itu dipersiapkan juga kalender tanam untuk mencatat pertumbuhan tanaman, serta greeting card.

“Untuk pemilihan tanaman pun saya menyesuaikan dengan keinginan pasar. Seperti saat ini, pasar sedang ingin tanaman yang kekinian, mudah dirawat, dan memiliki pertumbuhan cepat. Saya melihat orang-orang ini sebenarnya hanya tidak sabaran dan cepat bosan saat merawat tanaman. Apalagi jika tanaman itu pertumbuhannya tidak cepat. Makanya saya memilih beberapa tanaman itu dalam paket DIY plant kit,” jelasnya.

Menggunakan media air, lanjut Elvira, memiliki keuntungan lebih banyak, terutama untuk pemula yang ingin melihat secara langsung proses pertumbuhan tanaman.

Hal itu disebabkan tempat yang digunakan sebagai wadah terbuat dari kaca. Sehingga memudahkan perawat untuk melihat pertumbuhan tanaman secara langsung.

Ia juga mengatakan, ada banyak sekali tanaman yang bisa dikembangkan melalui media air. Namun, lantaran ia berfokus pada tanaman hias dan herbs, maka ia hanya tahu tiga jenis tanaman yang menurutnya memiliki pertumbuhan sangat cepat apabila dikembangkan lewat water propagation. (gin/nur)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP