alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Iso Ae
icon featured
Iso Ae

Minggat Dua Tahun, Pulang-pulang Minta Harta Gono-Gini

19 Juni 2020, 04: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Iso Ae

Ilustrasi Iso Ae (GRAFIS: JUJUK KHARISMA)

Share this      

Ternyata bukan hanya Mbak Sri saja yang pamit beli trasi ke pasar lalu minggat. Tembang ciptaan almarhum Didi Kempot itu rupanya membuat Donwori terinspirasi. Pria 31 tahun itu minggat entah ke mana setelah dikatain mertuanya gara-gara tak kunjung mendapatkan momongan.

Ginanjar Elyas Saputra-Wartawan Radar Surabaya

Merasa sakit hati karena perkataan mertuanya, Donwori pergi. Bukan sebulan atau dua bulan. Tapi, langsung dua tahun.  Ia dianggap bukan pria normal. Karena Karin, 30, tak kunjung hamil. Padahal keduanya sudah tujuh tahun menikah.

Sepertinya mertua Donwori lupa kalau anak itu hasil pernikahan kaum Adam dan Hawa. Kalau tak kunjung hamil, bukan lantas yang salah si prianya. Bisa jadi, justru si perempuan lah yang tak beres kesehatannya. Karena itu, sebelum men-judge, pasangan harus periksa dulu ke dokter.

Entah mencari wangsit apa selama dua tahun itu, Donwori menghilang dari peradaban. Sebagai istri, Karin pun awalnya khawatir dengan keberadaan suaminya itu. “Ditelepon tidak bisa, dicari ke rumah orang tua dan temannya, juga gak bisa,” kata Karin.

Setahun berlalu, Donwori juga tak tampak sama sekali batang hidungnya di rumah dan kediaman kedua orang tuanya. Akhirnya kedua orang tua Karin memintanya agar mengurus surat cerai di Pengadilan Agama (PA) Klas I A Surabaya. Kedua orang tua Karin menganggap Donwori tidak ada rasa tanggung jawab sama sekali dan melepas anak perempuannya begitu saja.

Karin pun menolak dan memilih untuk menunggu suaminya itu kembali. Menginjak dua tahun tak juga ada kabar dari suaminya itu, orang tua Karin pun geregetan meminta Karin segera mengurus surat cerai. Saat akan mengurus berkas perceraian, tiba-tiba Donwori muncul kembali ke kehidupan Karin.

Saat pertemuan di antara keduanya di rumah mertuanya, Donwori memohon agar Karin tidak mengajukan surat cerai. “Lah salahe dewe ngilang dua tahun iki. Sudah gak dinafkahi, tiba-tiba muncul,” tutur Karin.

Alasan Donwori tidak mau dicerai adalah agar dirinya bisa menggantungkan diri ke istrinya. Karena selama ini dia pergi beralasan mencari kerja hingga ke luar kota. Tapi, nyatanya Donwori tak memberi Karin kabar sama sekali. Di samping itu, Karin saat ini telah mendapatkan pekerjaan untuk membiayai segala kebutuhan hidupnya. “Lah kok enak, Mas, gak tanggung jawab moro-moro balik. Karepe dewe,” ungkapnya.

Yang tadinya Donwori tidak mau dicerai, akhirnya ia bersedia. Donwori setuju cerai namun dengan syarat dirinya mendapatkan harta gono gini dari Karin. Padahal harta itu masih milik orang tua wanita tersebut.

Hal itu pun membuat kedua orang tua Karin murka. Donwori pun akhirnya diminta cerai dan meninggalkan anaknya. Karin yang tadinya ingin mempertahankan hubungan, juga beralih pada keputusan kedua orang tuanya. “Memang sudah gak bisa dipertahankan, karena selama ini dia gak tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga. Lah ini malah minta harta orang tua saya,” tandasnya. (*/opi)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP