alexametrics
Minggu, 12 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Aji Santoso Tolak Kompetisi Digelar di Tengah Pandemi Covid-19

05 Juni 2020, 01: 36: 50 WIB | editor : Wijayanto

Pelatih Persebaya Aji Santoso

Pelatih Persebaya Aji Santoso (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-PSSI berencana melanjutkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 mulai September dan Oktober mendatang. Kompetisi bukannya memulai musim baru, melainkan dilanjutkan.

Hal itu disampaikan PSSI dalam virtual meeting dengan klub Liga 1 dan Liga 2, Selasa (2/6). PSSI juga menawarkan kompetisi terkonsentrasi di Pulau Jawa, kenaikan nilai subsidi, hingga penghapusan sistem degradasi di Liga 1.

Namun rencana PSSI ini mendapat respons kurang bagus dari pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Menurut Aji, PSSI seharusnya tak melanjutkan kompetisi karena pandemi Covid-19 masih belum usai.

“Misal corona belum tuntas dan kompetisi diputar, kemudian di tengah kompetisi ada pemain yang terkena virus corona, siapa yang bertanggung jawab?” kata Aji Santoso.

“Di saat seperti ini, yang setiap hari masih ada yang meninggal karena corona, kesehatan dan keselamatan lebih penting dari sepak bola,” kata Aji menambahkan.

Lebih lanjut, Aji juga menyoroti situasi Covid-19 di kota Surabaya. Menurut Aji, Persebaya akan kesulitan untuk menggelar laga kandang dan mencari tempat latihan karena saat ini Jawa Timur menjadi daerah dengan pertumbuhan Covid-19 paling tinggi di Indonesia.

“Surabaya saat ini sudah zona hitam. Apakah kira-kira boleh Persebaya menggelar latihan oleh pemerintah daerah?” kata pelatih berusia 50 tahun itu.

 PSSI mengusulkan untuk kembali melanjutkan gelaran Liga 1 pada September mendatang. Apabila dilanjutkan, Liga 1 2020 akan dikawal secara ketat untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19.

Selain itu, PSSI juga mengusulkan untuk menghapus sistem degradasi apabila Liga 1 2020 dilanjutkan. Akan tetapi, tetap akan ada dua klub dari Liga 2 untuk berlaga di Liga 1 musim 2021. Kedua faktor tersebut membuat Liga 1 2021 akan diikuti oleh 20 tim.

Khusus Liga 2, kompetisi akan dilanjutkan namun formatnya diganti turnamen. Sebanyak 24 tim akan dibagi ke dalam empat grup dari yang awalnya hanya dua grup saja.

Satu hal yang berubah adalah jatah promosi menjadi hanya dua tim saja dari yang seharusnya tiga tim. Sama seperti Liga 1, Liga 2 juga bakal dimainkan di Pulau Jawa. (sam/pps/rak)

(sb/sam/jay/JPR)

 TOP