alexametrics
Kamis, 02 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Politik Surabaya
icon featured
Politik Surabaya

Hari Lahir Pancasila, Cak Machfud Maknai dengan Semangat Persatuan

01 Juni 2020, 23: 48: 55 WIB | editor : Wijayanto

Machfud Arifin

Machfud Arifin (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Hari lahir Pancasila bertepatan pada hari ini 1 Juni 2020. Memperingati hari kelahiran Pancasila di tengah pandemi Corona dimaknai oleh tokoh masyarakat Machfud Arifin sebagai momentum untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Salah satunya adalah nilai persatuan.

Pria yang akrab disapa Cak Machfud itu mengatakan pentingnya sikap persatuan di tengah bencana yang sedang melanda Indonesia. Rasa persatuan dan kemanusiaan harus ditekankan pada setiap individu dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Hari lahir Pancasila momentum kita untuk meningkatkan semangat persatuan. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Seandainya ada di sekitar kita, saudara-saudara kita yang mungkin terkena ODP atau PDP janganlah kita kucilkan," kata Cak Machfud.

"Justru momentum tersebut kita jadikan untuk menanamkan sila ke 3 Pancasila, yaitu persatuan. Kita bisa membantu dengan doa atau, semangat atau sebagainya," tambahnya.

Pria yang digadang-gadang meneruskan pembangunan di Surabaya itu juga mengajak seluruh masyarakat untuk saling bergotong royong dalam menghadapi pandemi Corona ini. Sebab untuk melawan Covid-19 tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak saja.

"Adanya pandemi ini kita dituntut menggali kembali nilai-nilai Pancasila untuk lebih mendekatkan diri kepada tuhan. Gotong royong menghadapi Corona harus terus kita galakan," ucap Machfud.

Purnawirawan jenderal bintang dua itu mengatakan sifat gotong royong bisa diaplikasikan dengan perilaku disiplin. Pemerintah berupaya untuk menghabisi virus Corona, masyarakat memberikan dukungan dengan mematuhi aturan-aturan yang sudah dibuat.

"Gotong royong di tengah pandemi tidak hanya kita harus membantu memenuhi kebutuhan sesama. Gotong royong juga bisa diaplikasikan dengan perilaku kita agar disiplin. Memudahkan pemerintah dalam menanggulangi virus Corona," pungkasnya. (rud)

(sb/rud/jay/JPR)

 TOP