alexametrics
Kamis, 09 Jul 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

PPDB SD dan SMP di Surabaya Secara Online Mulai 15-16 Juni

30 Mei 2020, 13: 08: 50 WIB | editor : Wijayanto

PPDB SD dan SMP di Surabaya Secara Online Mulai 15-16 Juni

SURABAYA - Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Supomo mengatakan, tidak ada perubahan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SD dan SMP pada tahun 2020. Menurutnya, semua proses tetap dilakukan secara online dengan mengakses situs ppdb.surabaya.go.id.

"Ini diatur dalam Peraturan Walikota Surabaya Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PPDB SD dan SMP Negeri Dalam Masa Darurat Penyebaran Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," ujarnya.

Supomo mengatakan, untuk syarat PPDB SD, pertama harus berusia 7-12 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Menurutnya, sekolah wajib menerima peserta didik selama pagu mencukupi. 

"Pengecualian syarat usia paling rendah 6 tahun yaitu paling rendah 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2020 diperuntukkan bagi CPDB yang memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional," katanya.

Untuk jadwal pendaftaran PPDB SD jalur zonasi dan inklusi mulai 15-20 Juni. Kemudian verifikasi juga pada tanggal yang sama. "Pengumuman pada 22 Juni, daftar ulang 22-23 Juni dan pemenuhan pagu 24 Juni," jelasnya.

Sedangkan untuk pendaftaran PPDB SD jalur zonasi kategori umum dilakukan secara online. Hal yang sama juga dilakukan untuk jalur zonasi kategori Inklusi dengan pilihan sekolah penyelenggara inklusi. 

Selain itu juga harus ada surat dari psikolog yang menerangkan bahwa CPDB tersebut berkebutuhan khusus. "Untuk pendaftaran PPDB SD kategori perpindahan tugas orangtua mulai 15-16 Juni dan diumumkan 17 Juni. Daftar Ulang 17-18 Juni," ungkapnya.

Supomo menambahkan untuk pendaftaran PPDB SMP harus memiliki ijazah atau surat tanda tamat belajar SD atau bentuk lain yang sederajat. Selain itu CPDB wajib melakukan validasi data secara online sesuai dengan jadwal. 

"Kecualikan bagi CPDB jalur zonasi kategori inklusi. Kemudian KK diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB, batas waktu dikecualikan bagi CPDB yang menjadi satu dengan orang tua kandung dalam satu KK Kota Surabaya," katanya.

Untuk Surat Keterangan Domisili Khusus (SKDK) adalah surat keterangan yang menerangkan alamat tempat tinggal CPDB yang tidak sama dengan alamat tinggal KK. 

Dalam hal alamat KK berbeda dengan alamat domisili CPDB, maka persyaratan KK dilampiri dengan SKDK untuk PPDB yang diterbitkan RT diketahui oleh RW dan dicatatkan di kantor Kelurahan setempat yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili bersama orangtua paling singkat 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan PPDB.

Jadwal Pendaftaran PPDB SMP jalur mitra warga, pengumuman pada 15 Juni yang dilanjutkan daftar ulang 15-16 Juni. Sedangkan Jalur Perpindahan Tugas Orangtua pendaftaran mulai 15-16 Juni dan dilanjutkan verifikasi. Pengumuman 17 Juni. Daftar ulang 17-18 Juni. 

Jalur Zonasi Umum pendaftaran pada 28-29 Juni. Pengumuman 30 Juni dan daftar ulang 30 Juni-1 Juli. Pemenuhan pagu 2 Juli. Untuk jalur prestasi, pendaftaran 18-22 Juni verifikasi 23-25 Juni dan pengumuman 26 Juni. Sedangkan daftar ulang 26-27 Juni. (mus/jay)

(sb/mus/jay/JPR)

 TOP