alexametrics
Rabu, 27 May 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Rukyatul Hilal di Jatim Terkendala Mendung, 1 Syawal Minggu

23 Mei 2020, 23: 27: 50 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Minggu (24/5) berdasarkan dari sidang isbat yang dilakukan pada Jumat (22/5). Ini karena saat dilakukan rukyatul hilal (pemantauan hilal) di sejumlah tempat seperti di Jawa Timur, tidak melihat posisi hilal dikarenakan kondisi cuaca mendung. 

"Menurut teman-teman dilapangan tidak melihat hilal karena kendala mendung, seperti di Probolinggo, Bangkalan cuaca mendung," kata Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Jatim Atok Illah kepada Radar Surabaya, Jumat (22/5).

Atok menjelaskan kalaupun terlihat kemungkinan hilalnya kecil dan belum sempurna. Untuk melihat sempurna nanti bisa dilhat pada malam sekitar pukul 24:00 WIB. Oleh karena Kemenag melakukan ijtimak sehingga puasa menjadi 30 hari karena belum melihatnya hilal tersebut.

"Ketinggian ufuk di bawah minum 5-3 derajat dan sudah dilakukan hisab jadi menggunakan ijtimak untuk menyempurnakan puasa sehingga puasa 30 hari,"terangnya.

Rukyatul hilal dilakukan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi Jatim bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung. Mereka melakukan pemantauan hilal di 27 titik yang telah ditetapkan.

Titik pantau di Jatim untuk pemantauan Hilal yakni; Pantai Sunan Drajat/Tanjung Kodok Paciran Lamongan, Bukit Condrodipo Gresik, Pantai Bawean Kab. Gresik, Lapan, Jl. Watukosek Gempol Kab. Pasuruan, Ponpes Bayat Al Hikmah Pasuruan Kota, Bukit Banyu Urip Kec. Senori Kab. Tuban.

Kemudian di Bukit Wonocolo Bojonegoro, Pantai Duta Probolinggo, Pulau Gili Kab. Probolinggo, Gunung Sekekep Wagir Kidul Kec. Pulung Kab. Ponorogo, Pantai Gebang Bangkalan, Helipad AURI Ngliyep Kab. Malang, Pantai Serang  Kab. Blitar, Bukit Wonotirto Blitar, Pantai Srau Pacitan, Pantai Kasap Pacitan, dan Pantai Nyamplong Kobong Jember.

Kemudian Gunung Sadeng Jember, Pantai Pacinan Situbondo, Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi, Bukit Gumuk Klasi Indah Banyuwangi, Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan, Pantai Sapo Ds. Sergang Kec. Batuputih Kab. Sumenep, Pantai Kalisangka Kangean Sumenep, Pantai Taneros Sumenep, Satuan Radar (Satrad) 222 Ploso di Kaboh Kab. Jombang, Lereng Gunung Pandan Madiun.

Dengan ditetapkan 1 Syawal 1441 H pada Minggu, Atok berharap masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling dan melakukan sholat Ied di rumah untuk memutus mata rantai Covid-19. 

"Ya kami imbau untuk mematuhi aturan pemerintah agar penyebaran Covid-19 bisa segera terputus. Jadi lebaran dilakukan di rumah saja," imbaunya. (rmt)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP