alexametrics
Selasa, 26 May 2020
radarsurabaya
Home > Politik Surabaya
icon featured
Politik Surabaya

Kuatkan Solidaritas Umat, Cak Machfud Ajak Masyarakat Tunaikan Zakat

23 Mei 2020, 05: 05: 04 WIB | editor : Wijayanto

Machfud Arifin

Machfud Arifin (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Menjelang hari raya Idul Fitri, mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mengajak masyarakat untuk menunaikan zakat. Menurutnya zakat merupakan bentuk solidaritas sesama umat.

"Ayo umat muslim kita tunaikan zakat sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT. Selain membantu sesama, zakat fitrah juga bermanfaat baik bagi muzakki ataupun bagi para mustahik," kata Cak Machfud.

Zakat fitrah, Cak Machfud menjelaskan merupakan kewajiban umat muslim untuk ditunaikan. Zakat merupakan simbol berbagi dan saling menguatkan antar umat.

"Berzakat fitrah selain merupakan kewajiban sebagai umat muslim juga penuh dengan makna spiritual. Islam itu agama penuh kasih sayang, kita diberikan kesempatan mensucikan jiwa sebelum hari kemenangan Idul fitri dengan menyisihkan sebagian harta kita untuk membantu sesama," jelasnya.

Apalagi menurut pria yang akrab disapa Cak Machfud itu Ramadhan kali ini sedikit berbeda. Umat manusia sedang diberi ujian berupa wabah Corona.

"Wabah Corona ini tergantung kita menyikapinya, mungkin ini adalah musibah. Tapi pandemi ini juga bisa kita jadikan sebagai momentum untuk semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta, Allah SWT," jelasnya.

Cak Machfud berharap, semoga wabah Corona segera berakhir. Dia mendoakan agar semua kembali diketemukan dengan bulan Ramadhan tahun depan.

"Semoga wabah ini segera berlalu dan kita kembali dipertemukan dengan bulan suci berikutnya dalam keadaan yang lebih baik," pungkasnya. (rud)

(sb/rud/jay/JPR)

 TOP