alexametrics
Selasa, 26 May 2020
radarsurabaya
Home > Features Surabaya
icon featured
Features Surabaya

RAMADAN KESEMPATAN BERBAGI

Oleh: Dosen UMS Abdul Wahab

23 Mei 2020, 01: 09: 19 WIB | editor : Wijayanto

Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya, Abdul Wahab

Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya, Abdul Wahab (ISTIMEWA)

Share this      

Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa serta ibadah lainnya yang dianjurkan agama Islam. Selain berpuasa, hal yang tak boleh dilupakan adalah berbagi dengan sesama yang kesusahan.

Hikmah yang pertama, bulan Ramadan adalah kesempatan untuk meningkatkan ketakwaan. Puasa itu agar menjadikan kita menjadi lebih bertakwa. Ini jadi kesempatan bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hikmah Ramadan yang kedua, bulan Ramadan tahun ini juga menjadi kesempatan  untuk meningkatkan rasa empati terhadap orang yang sedang kesusahan. Terlebih pada saat ini sedang berlangsung pandemi Covid-19. Hal itu berdampak pada sejumlah perusahaan sehingga terpaksa melakukan PHK dan merumahkan sebagian karyawannya.

Bulan Ramadan adalah kesempatan bagi warga yang mampu untuk saling bahu-membahu memberikan bantuan kepada warga yang terdampak PHK atau dirumahkan. Tentunya hal itu bisa dilakukan dengan cara memberi bantuan sembako atau uang dengan tujuan zakat fitrah. 

Ada delapan orang yang berhak mendapatkan zakat fitrah, yakni orang fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, sabilillah, dan ibnu sabil.

Saudara-saudara kita yang saat ini mengalami PHK atau dirumahkan oleh perusahaanya, penghasilannya berkurang, bahkan hilang. Nah, mereka itu masuk kategori yang pertama dan kedua, yakni miskin. Jadi, wajib diprioritaskan.

Hikmah Ramadan yang ketiga, puasa dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Selain berpuasa, kita juga dianjurkan untuk memperhatikan imbauan pemerintah mengenai protokol kesehatan yang telah ditentukan saat ini dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19.

Sesuai perkataan Nabi, berpuasalah karena puasa bisa menyehatkan. Apalagi sekarang kita selalu dianjurkan untuk melengkapi protokol kesehatan di masa pandemi ini.  (gin/rek)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP