alexametrics
Selasa, 26 May 2020
radarsurabaya
Home > Politik Surabaya
icon featured
Politik Surabaya

Kesejahteraan Guru Honorer Jadi Prioritas Kerja Cak Machfud

20 Mei 2020, 13: 22: 55 WIB | editor : Wijayanto

Kesejahteraan Guru Honorer Jadi Prioritas Kerja Cak Machfud

SURABAYA - Guru Honorer Surabaya mendatangi kediaman Machfud Arifin. Mereka mengeluhkan kesejahteraan guru honorer yang belum kunjung ada penyesuaian dan tak belum mendapat perhatian dari pemerintah kota. 

Koordinator kelompok pembelajar se-Surabaya Untari Kartika mengatakan guru-guru honorer, terutama guru TK, belum mendapatkan kesejahteraan yang layak. Seharusnya dengan kondisi seperti ini kesejahteraan guru sudah ada bantuan atau penyesuaian dari pemerintah kota.

"Gaji saya menjadi pengajar honorer hanya Rp 250 ribu per bulan, kalo mau dikatakan kurang ya jelas sangat kurang,. Selama ini juga belum ada sama sekali perhatian dari Pemkot pada kami para guru honorer," kata Kartika.

Bahkan, Untari mengatakan, sejak berlakunya pembatasan aktivitas pendidikan dan kegiatan belajar beralih ke media daring. Guru-guru TK tidak menerima gaji. 

“Dengan model belajar yang sekarang, daring dan sekolah tutup. Orang tua murid tidak bayar uang sekolah. Imbasnya banyak guru TK yang tidak membayar uang iuran sekolah,” ungkapnya.

Mendengar keluhan itu, Machfud Arifin menilai kesejahteraan guru harus lebih diperhatikan. Sebab, guru adalah salah satu tonggak pendidikan. Cak Machfud mengatakan pembenahan kesejahteraan guru menjadi prioritas kerjanya.

"Kesejahteraan Guru TK adalah salah satu prioritas Program utama kami. Guru adalah variabel utama pendidikan yang harus mendapat perhatian,” kata Machfud Arifin.

Menurutnya, kesejahteraan guru patut diperhatikan. Terutama kesejahteraan guru honorer dan guru TK. Sebab, TK merupakan salah satu pendidikan formal pranata bagi generasi beliau penerus bangsa. (rud)

(sb/rud/jay/JPR)

 TOP