alexametrics
Selasa, 26 May 2020
radarsurabaya
Home > Lifestyle Surabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Tren Parsel Makanan Masih Diminati Konsumen saat Hari Raya

15 Mei 2020, 01: 50: 38 WIB | editor : Wijayanto

BERAGAM PILIHAN: Seorang pekerja di toko parsel tengah menata parsel yang dijual.

BERAGAM PILIHAN: Seorang pekerja di toko parsel tengah menata parsel yang dijual. (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Tren parsel lebaran tahun 2020 masih didominasi dengan konsep food ketimbang berisi parsel yang dihias berisi keramik. Dari segi harga juga lebih murah untuk parsel berisi makanan. 

Karyawan toko parsel di Jalan Wali Kota Mustajab, Nurul Elmiana, 44, menjelaskan, parsel yang laku keras sejak dulu pada saat hari besar termasuk lebaran Hari Raya Idul Fitri adalah parsel konsep food. “Karena jenis ini (food, Red) harganya lebih murah dan ada berbagai ukuran. Jadi itu yang membuat banyak peminatnya,” kata Nurul.

Dari segi harga juga berbeda, parsel food dijual mulai dari harga Rp 95 ribu hingga Rp 2 juta per bungkusnya. Sedangkan keramik dijual mulai harga Rp 350 ribu hingga jutaan. Jika ada permintaan dari pelanggan agar isi parselnya beragam Nurul akan mematok harga lain menyesuaikan request tersebut.

“Iya tergantung riasannya, kalau ada hiasan atau tambahan isi ya pastinya berbeda harganya. Menyesuaikan pesanan,” jelasnya.

Cara pembungkusannya kedua jenis parsel itu sama. Namun, yang membuat berbeda adalah isi dan tingkat kesulitan merangkainya. Dia menjelaskan, 48 buah parsel berukuran kecil dapat diproduksi dalam satu hari. Sedangkan kalau parsel jenis keramik dapat diproduksi 12 buah dalam satu hari. 

“Kalau  food tinggal meletakkan saja dan ada hiasan sedikit di bagian luarnya. Kalau yang keramik butuh proses lama karena pakai harus ada perekatnya,” tandasnya. 

Dalam sehari parsel food bisa laku hingga puluhan bahkan ratusan. Namun dalam kondisi pandemi, penjualan parsel mengalami penurunan peminat karena banyak kantor dan perusahaan yang tutup. (gin/nur) 

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP