alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsurabaya
Home > Gresik
icon featured
Gresik
Simulasi Tactical Floor Game Hadapi Lockdown

Antisipasi Kerusuhan Masyarakat, Polres Bakal Sekat Jalanan di Gresik

07 April 2020, 04: 15: 59 WIB | editor : Wijayanto

SIMULASI: Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo memimpin simulasi sistem pengamanan kota konsep TFG (Tactical Floor Game) di Aula Parama Satwika 98 Polr

SIMULASI: Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo memimpin simulasi sistem pengamanan kota konsep TFG (Tactical Floor Game) di Aula Parama Satwika 98 Polres Gresik. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Untuk mengantisipasi aksi kerusuhan seperti penjarahan di tengah masyarakat karena penerapan lockdown jika penyebaran Coronavirus disease (Covid-19) tak terkendali, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo memimpin langsung kesiapsiagaan personilnya lewat simulasi Sistem Pengamanan Kota TFG (Tactical Floor Game). Simulasi itu dilakukan di Aula Parama Satwika 98 Polres Gresik, Senin (6/4).

“Kegiatan ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona semakin memuncak yang bisa saja menjadikan situasi kontijensi, sehingga kami perlu melakukan upaya-upaya persiapan apabila situasi menjadi tidak terkendali,” kata Kusworo.

Dikatakan, saat ini pemerintah belum menerapkan lockdown. Namun bila penyebaran virus semakin meningkat, tidak menutup kemungkinan pemberlakuan lockdown dilakukan. Dampak terburuknya yakni terjadi penjarahan di berbagai wilayah.

Untuk itu, kapolres memerintahkan agar kasat intelkam dan kapolsek melakukan kegiatan deteksi dini terkait perkembangan situasi, khususnya terhadap kegiatan masyarakat. “Pemerintah menerapkan physical distancing dengan alasan agar perekonomian tetap berjalan. Kita tidak boleh menutup akses ekonomi khususnya di tingkat bawah,” ungkap mantan kapolres Jember tersebut.   

Sesuai arahan kapolda Jatim, lanjut Kusworo, lokasi isolasi bagi anggota polri yang positif Covid-19 di wilayah Polres Lamongan, Gresik, Tuban dan Bojonegoro berada di wilayah Lamongan.

Sementara itu, dalam Tactical Floor Game, Kabag Ops Polres Gresik AKP Fatikh Deddy menjelaskan, TFG difokuskan di sepanjang Jalan RA Kartini Kebomas mengingat banyaknya lokasi perbankan dan swalayan yang menjual sembako.

“Nanti akan dilakukan penyekatan di simpang empat Sidomoro, simpang empat GNI, simpang lima Sukorame dan simpang empat Kebomas sehingga dapat mengantisipasi kerusuhan tidak meluas,” ujarnya.

Selain itu, guna mendukung pengamanan juga dirancang penyekatan wilayah. Wilayah penyekatan di Polsek Jajaran antara lain Polsek Rayon utara di Panceng, Rayon tengah di Exit Tol Romokalisari, Rayon barat di exit tol kebomas atau Simpang empat Bunder dan Rayon selatan di simpang emapat legundi serta perrigaan boboh, Cerme.

“Polres Gresik ada sepertiga kekuatan yang ada dan siap siaga Polres Gresik serta untuk Polsek juga ada personil yang siaga minimal dua personil. Ke depannya dua sampai tiga anggota Polres Gresik akan dilibatkan dalam kegiatan ini dengan garda terdepan,” pungkasnya.(yud/han)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP