alexametrics
Senin, 25 May 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Penyebaran Covid-19 di Surabaya Merata, 13 Pasien Sehat, 7 Sembuh

30 Maret 2020, 11: 26: 53 WIB | editor : Wijayanto

Peta sebaran penderita dan suspect Covid-19 di Surabaya.

Peta sebaran penderita dan suspect Covid-19 di Surabaya. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Penyebaran Covid-19 di Surabaya terus merata dari hari ke hari. Namun demikian, ada juga pasien yang akhirnya sembuh dan sehat. Dari data peta penyebaran Covid-19 di Surabaya yang dirilis Minggu (29/3) malam, terdata ada 206 orang dalam pantauan (ODP), 61 pasien dalam perawatan (PDP), dan 38 Konfirmasi (positif Covid-19). Dimana 3 konfirmasi dari luar Surabaya. 

Sedangkan yang 2 pasien meninggal dunia, 9 PDP sehat dan 7 sembuh, dimana 2 orang dari luar Surabaya.

Sementara itu sebaran covid 19 untuk masing-masing wilayah di Surabaya adalah di Surabaya Barat ada 29 ODP, 8 PDP, 8 Konfirmasi; Surabaya Timur 82 ODP, 20 PDP, 8 Konfirmasi.

Kemudian di Surabaya Pusat ada 19 ODP; 8 PDP; 1 Konfirmasi; Surabaya Selatan; 64 ODP; 14 PDP; 18 Konfirmasi; Surabaya Utara; 12 ODP, 11 PDP, 3 Konfirmasi.

Untuk pasien PDP yang sehat hingga Minggu (29/3) tercatat 13 PDP dan menyebar di wilayah Surabaya seperti Surabaya Timur di Kelurahan Airlangga 1 PDP sehat, Kelurahan Gubeng 1 PDP sehat, Kelurahan Kedung Baruk 2 PDP sehat, Kelurahan Wonorejo 1 PDP sehat, Kelurahan Manyar Sabrangan 1 PDP sehat.

Kemudian di Surabaya Utara di Kelurahan Wonokusumo 1 PDP sehat; Surabaya Barat di Kelurahan Simomulyo 1 PDP sehat; Surabaya Selatan di Kelurahan Jemur Wonosari 1 PDP sehat; Kelurahan Jagir 1 PDP sehat; Kelurahan Ngagel Rejo 1 PDP sehat; Kelurahan Kebraon 1 PDP sehat. Sedangkan di Surabaya Pusat di Kelurahan Alun-alun Contong 1 PDP sehat.

Kemudian Untuk Pasien Covid-19 yang sembuh ada 7 di Surabaya, yakni di Surabaya Barat di Kelurahan Bangkingan 1 sembuh, Kelurahan Lontar 1 sembuh; Surabaya Selatan di Kelurahan Darmo 1 sembuh, Kelurahan Sawunggaling 1 sembuh, Kelurahan Ngagel Rejo 1 sembuh; Kelurahan Dukuh Kupang 1 sembuh dan Surabaya Pusat ada di Kelurahan Tembok Dukuh sembuh 1 orang.

Dengan 305 pasien Covid-19 di Surabaya baik yang ODP, PDP dan yang positif Covid-19 (konfirmasi) tersebut, ada 13 orang yang sehat dan 7 orang yang sembuh.

Virus Covid-19 bisa menyerang manusia hanya kalau daya tahan tubuhnya lemah. Karena itu dibutuhkan banyak minum vitamin C, rajin olahraga dan istirahat teratur agar imun tubuh tetap stabil. Upaya preventif ini memang harus dilakukan untuk mencegah tertularnya virus tersebut.

Pemkot Surabaya sudah mengerahkan semua daya untuk melawan virus tersebut, seperti membuat bilik sterilisasi di hampir semua tempat umum, menyemprotkan disinfektan di kampung-kampung dan juga di perbatasan Surabaya, membuat wastafel di tempat umum hingga membagikan telur dan minuman wedang pokak di seluruh wilayah.

Pemkot Surabaya juga memastikan tetap memberikan pendampingan kepada pasien Covid-19 meski sudah dinyatakan sembuh oleh tim dokter. Pemantauan ini dengan cara memberikan vitamin serta makanan suplemen tambahan untuk menambah imun atau daya tahan tubuh. 

Sebelumnya Wali Kota Surabaya mengimbau kepada warga yang tergolong ODP atau orang dalam risiko (ODR) yang sudah dilakukan pemeriksaan dan hasilnya negatif agar tetap menjaga stamina tubuhnya. Caranya, dengan banyak minum vitamin B dan C, serta berisirahat yang cukup.

“Makan sayur dan buah-buahan dan tetap menjaga higienitas di tubuh kita. Saya harap tetap menggunakan masker dan menjauhi kerumunan, serta tetap kontrol rutin ke rumah sakit rujukan dan menjaga kebersihan,” pesannya.

Risma juga meminta warga untuk datang ke posko dapur umum karena pihaknya telah menyediakan ramuan untuk bisa dikonsumsi warga agar terhindar dari Covid-19.

“Yang terpenting tubuh harus kuat. Sekali waktu datang di Balai Kota, kami ada putih telur dan pokak untuk menjaga stamina tubuh kita,” jelasnya. (rmt/jay)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP