alexametrics
Kamis, 28 May 2020
radarsurabaya
Home > Gresik
icon featured
Gresik
Inovasi Warga Gresik

Alat Sterilisasi Tenaga Surya Semprotkan Disinfektan Secara Otomatis

30 Maret 2020, 06: 35: 10 WIB | editor : Wijayanto

INOVATIF: Bagus Setyawan menunjukkan alat sterilisasi tenaga surya buatannya yang bisa mengurangi pencegahan virus corona di sekitar rumah.

INOVATIF: Bagus Setyawan menunjukkan alat sterilisasi tenaga surya buatannya yang bisa mengurangi pencegahan virus corona di sekitar rumah. (ABDUL AZIZ QOMAR/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Bermula dari keprihatinan terhadap fenomena penyebaran Coronavirus disease (Covid-19), salah seorang warga Gresik, Bagus Setyawan, merakit alat sterilisasi otomatis.

Alat itu bisa menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala tanpa menggunakan tenaga manusia. 

"Awalnya saya buat untuk diri sendiri dan keluarga. Saya taruh di depan rumah. Kebetulan pekerjaan banyak bersentuhan dengan solar cell, sehingga berpikir untuk merakit alat semprot sterilisasi badan tenaga surya," jelasnya.

Dalam rakitannya, Bagus membeli panel surya pabrikan dan merakitnya sedemikian rupa sehingga tabung yang berisi cairan sterilisasi menyemprot secara otomatis.

"Panel surya dipakai dari pabrikan sehingga bisa menyimpan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Sehingga bisa menyemprot disinfektan secara otomatis," terangnya.

Rencananya, Bagus akan membuat alat sterilisasi tenaga surya dalam jumlah banyak untuk dipasang di lingkungan sekitarnya.

“Ini bisa menjadi solusi sementara masyarakat Gresik untuk  menghindari penyebaran virus corona," pungkasnya. (qom/han)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP