alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Makin Banyak Pasien Covid-19 Sembuh, Kuncinya Imunitas Tubuh Bagus

29 Maret 2020, 21: 39: 36 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi

Ilustrasi (DOK/JPC)

Share this      

SURABAYA - Data pasien dalam pengawasan (PDP) dan positif Covid-19 terus berfluktuasi dari waktu ke waktu. Di sisi lain, tren pasien yang sembuh terus meningkat dalam sepekan terakhir. 

Enam pasien virus corona asal Kota Surabaya sudah dinyatakan sembuh pada akhir pekan kemarin. Semua pasien positif Covid-19 di Malang juga sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya drg Febria Rachmanita mengatakan, pasien yang sembuh itu tetap mendapat pendampingan agar terus menjaga kesehatan tubuhnya. Salah satu pendampingan yang diberikan adalah memotivasi mereka untuk menjaga kesehatan. Juga memberikan vitamin dan suplemen tambahan untuk menambah imunitas atau daya tahan tubuhnya.

"Kami motivasi untuk terus menjaga kesehatan," kata Febria Rachmanita.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus memantau kondisi para pasien yang sudah sembuh itu melalui puskesmas terdekat. Mereka mendapat perhatian khusus dengan pemberian vitamin, suplemen, dan makanan sehat.

Salah satu pasien yang berhasil melawan virus Covid-19 adalah Christina. Dia menjalani perawatan di rumah sakit selama kurang lebih dua pekan. Awal Maret lalu, dia mulai merasakan demam tinggi. Sekujur tubuhnya sakit hingga kehilangan nafsu makan.

Dia lalu dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Senin (9/3). Karena kondisinya belum stabil, dia dibawa ke RS Unair untuk dilakukan tes swab tenggorokan dan hidung pada 11 Maret. Namun, esok harinya, dengan kondisi lemas, Christina dilarikan ke RSUD dr Soetomo dan langsung masuk dalam ruang isolasi khusus.

Selama perawatan super intensif di ruang isolasi khusus, dirinya tidak tahu kalau mengidap Covid-19. "Dokter ketika itu menyemangati saya, pokoknya ibu harus sembuh, harus kuat. Imun ibu yang membentengi ibu sendiri. Dokter dan perawat tidak bilang apa penyakit saya," terang ibu dua anak tersebut.

Setelah hari kedelapan dirawat di RSUD dr Soetomo, akhirnya dia dapat bertemu dengan sang suami. Saat itu juga dokter menyampaikan bahwa kondisi Christina sudah resmi negatif Covid-19. “Dokter bilang pada suami saya kalau saya sudah kembali sehat. Saya dinyatakan negatif Covid-19," ungkapnya.

Meskipun sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan sudah kembali ke rumah, Christina tetap membatasi kegiatannya dan menjaga pola hidup agar tetap sehat.

"Peraturan pemerintah itu harus didengar. Ini bukan penyakit atau virus biasa. Saya sudah mengalami ini. Untuk anak muda, sudahlah tidak usah lagi keluar nongkrong. Kita batasi interaksi. Memang ada dokter, tapi dia juga manusia," katanya.

Selain Christina, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Surabaya adalah dr Budi Hidayat setelah dirawat selama 12 hari di RS Unair. Dokter di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Juanda ini menjelaskan, sebelum periksa, dia mengalami demam dan pusing selama dua hari. Saat itu suhu tubuhnya tidak terlalu tinggi.

"Setelah demam itu saya telusuri riwayat kontak saya siapa saja. Baru saya ingat kalau sempat memeriksa mahasiswi Indonesia yang pulang dari Tiongkok," ujarnya.

Budi menegaskan, penyakit Covid-19 bisa menular kepada orang yang daya tahan tubuhnya tidak baik. Penyakit ini juga bisa sembuh dengan sendirinya asalkan daya tahan tubuh pasien kuat.

Karena itu, dia berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan pola hidup sehat. Dengan memperbanyak minum, makan bergizi, dan tidak stres. Dalam situasi saat ini dia meminta agar menjaga jarak fisik (physical distancing) agar tidak menulari yang lain andaikan membawa virus. Juga selalu menjaga kebersihan.

"Penyakit ini bisa sembuh. Hindari kontak dengan orang lain supaya tidak memperberat dan menambah kasus," katanya.

Meskipun makin banyak pasien Covid-19 di Surabaya yang sembuh, Wali Kota Risma terus mengimbau warga untuk terus mencegah penularan Covid-19 dengan banyak mengonsumsi vitamin C, rajin berolahraga, dan istirahat teratur agar imunitas tubuh tetap stabil. (rmt/ism/rek)

(sb/rmt/is/jay/JPR)

 TOP