alexametrics
Jumat, 29 May 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Bekali Petugas Makam untuk Pemakaman Pasien Covid-19 di Surabaya

29 Maret 2020, 08: 51: 00 WIB | editor : Wijayanto

LANGKAH CEPAT: DKRTH dan Dinkes Surabaya memberikan pembekalan kepada petugas makam di Surabaya untuk proses pemakaman pasien Covid-19.

LANGKAH CEPAT: DKRTH dan Dinkes Surabaya memberikan pembekalan kepada petugas makam di Surabaya untuk proses pemakaman pasien Covid-19. (Rahmat Sudrajat/Radar Surabaya)

Share this      

SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan pembekalan kepada petugas makam di Kota Surabaya yang akan menangani pemakaman pasien korban virus corona (covid-19) di Surabaya.

Jumat (27/3), sebanyak 30 petugas makam dari perwakilan 13 makam di Surabaya hadir untuk mendengarkan langsung sosialisasi dari UPTD Permakaman Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya.

Kepala UPTD Pemakaman DKRTH Kota Surabaya, Aswin Agung mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan bekal agar petugas makam safety dalam menjalankan tugas apabila nanti ada pasien Covid-19 yang meninggal.

“Ini kami lagi mengadakan sosialisasi pada petugas pemakaman dengan narasumber dari Dinas Kesehatan. Sosialisasi ini untuk membekali mereka agar aman saat melakukan pemakaman pasien Covid-19, karena penyakit itu menular,” katanya.

Aswin menjelaskan, apabila nanti ada pasien Covid-19 meninggal dunia untuk segera dimakamkan, maka petugas akan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang sudah disiapkan.

“Dari proses pemakaman yang terpenting memakai APD itu, karena penyakit ini (Covid-19) menular,” terangnya.

Untuk pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal, Aswin mengungkapkan tidak ada biaya khusus, tetapi sesuai dengan perda yang berlaku. “Kalau biaya pemakaman seperti biasa sesuai dengan perda yang berlaku,” tegasnya.

Saat ini, Pemkot Surabaya sudah menyiapkan 13 makam yang dikelola pemkot untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Makam-makam tersebut yakni; Makam Asemjajar, Makam Tembok Gede, Makam Putat Gede, Makam Simokwagean, Makam Kembang Kuning, Makam Kapas Krampung, Makam Karang Tembok, Makam Wonokusumo Kidul, Makam Kalianak, TPU Keputih, TPU Babat Jerawat, Makam Ngagel, dan Krematorium Keputih.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB-Linmas) Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan jika Tim Gugus Tugas Pemakaman Pasien Corona telah dibentuk. "Tim gugus tugas pemakaman itu ada di DKRTH. Itu tanggungjawab Dinas Kesehatan dan DKRTH," jelasnya. (rmt/jay)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP