alexametrics
Senin, 30 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

UTBK Seleksi Masuk PTN Ditunda, Tak Pengaruhi Jadwal Perkuliahan

26 Maret 2020, 17: 00: 47 WIB | editor : Wijayanto

TERTUNDA: Pelaksanaan UTBK tahun lalu. Tahun Ini UTBK untuk SBMPTN ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

TERTUNDA: Pelaksanaan UTBK tahun lalu. Tahun Ini UTBK untuk SBMPTN ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA  - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menunda pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sesuai jadwal, pendaftaran UTBK tahap satu akan digelar pada 30 Maret hingga 11 April 2020 mendatang. Sementara tes akan dilakukan pada 20-26 April 2020. Kemudian pendaftaran UTBK tahap dua seharusnya digelar pada 14-16 April 2020. Sementara tesnya digelar pada 1-3 Mei 2020.

Penundaan ini berkaitan dengan semakin menyebarnya wabah Covid-19 di Indonesia. Melalui Surat Edaran Nomor 09/SE.LTMPT/2020, Ketua LTMPT yang juga Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof Moh Nasih, memutuskan untuk mengundurkan waktu pendaftaran dan penyelenggaraan UTBK 2020.

"Memperhatikan situasi nasional berkenan dengan mewabahnya covid-19, maka pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020, dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 20 April 2020 ditunda," ujar Prof Nasih.

Menurut dia, penundaan ini berlaku untuk UTBK tahap satu dan tahap dua. Ia menyatakan penundaan akan dilangsungkan sampai waktu yang belum ditentukan.

"Kami belum tahu kapan pelaksanaan UTBK nya setelah penundaan, kami harus melihat situasi dan kondisinya dulu. Kalau sudah aman dan bisa dilaksanakann, segera akan diumumkan," tambah Prof Nasih.

Menanggapi  penundaan ini Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Dr Nurhasan, M.Kes, mengungkapkan bahwa proses penerimaan mahasiswa baru di PTN masih memiliki cukup waktu. Sehingga penundaan ini tidak akan mengganggu jadwal tahun ajaran baru perkuliahan.

"Prosesnya masih lama, masih ada pengumuman SNMPTN, kemudian UTBK, baru pembukaan SBMPTN dan terakhir penerimaan mandiri. Mari didoakan bersama semoga semua berjalan sesuai rencana, "katanya. Penundaan ini, kata guru besar ilmu keolahragaan ini, sesuai dengan jadwal di Unesa yang meniadakan kegiatan di kelas.(rmt/rak)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia