alexametrics
Senin, 25 May 2020
radarsurabaya
Home > Politik Sidoarjo
icon featured
Politik Sidoarjo

KPU Sidoarjo Singkronisasi Daftar Pemilih, Selisih 79 Ribu Data

26 Maret 2020, 16: 54: 55 WIB | editor : Agung Nugroho

TAHAPAN: Proses pemutakhiran data yang dilakukan KPU Sidoarjo.

TAHAPAN: Proses pemutakhiran data yang dilakukan KPU Sidoarjo. (IST)

Share this      

SIDOARJO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo telah melakukan singkronisasi daftar pemilih dengan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). Sedikitnya 79.379 selisih data yang perlu dilakukan pemutakhiran dalam pilkada 2020.

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Sosdiklih, SDM, dan Parmas, Fauzan Adim mengungkapkan, KPU memang telah melakukan singkronisasi data antara Data Pemilih Terakhir (DPT) dengan DP4. Hasilnya ada 1.476.949 data pemilih di Sidoarjo. "Itu DPT hasil singkronisasi dengan DP4 sebelum proses pemutakhiran data," terangnya.

Jika dibandingkan DPT terakhir, data tersebut juga memiliki selisih. Yakni ada 79.379 data. Karena DPT terakhir pada pileg 2019 tercatat ada 1.397.570.

Dia mengungkapkan, data tersebut bukanlah data akhir yang menjadi DPT dalam pilkada September mendatang. KPU masih harus melakukan berbagai tahapan untuk memastikan validitas data. Salah satunya dengan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih.

Untuk pelaksanaan pemutakhiran data sendiri juga masih belum ditentukan. Karena sejumlah tahapan pilkada serentak termasuk pemutakhiran data telah ditunda.

Hal itu karena perkembangan upaya pencegahan dan penanggulangan virus corona yang kian mewabah. Selain pelaksanaan pemutakhiran data, KPU juga telah menunda beberapa tahapan pilkada. Yakni pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), penyerahan hasil verifikasi administrasi, dan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit). (son/vga)

(sb/son/Nug/JPR)

 TOP