alexametrics
Senin, 30 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Daerah Terpapar Virus Meluas, Mansyarakat Manfaatkan Pojok Covid-19

26 Maret 2020, 08: 54: 00 WIB | editor : Agung Nugroho

FASILITAS: Pojok covid-19 yang berada di RSUD Sidoarjo

FASILITAS: Pojok covid-19 yang berada di RSUD Sidoarjo (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Daerah terjangkit dan terpapar virus corona semakin meluas. Kekhawatiran di masyarakat meningkat. Sehingga semakin banyak masyarakat yang ingin mengecek kesehatannya. 

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Syaf Satriawarman mengungkapkan, bahwa masyarakat tidak bisa serta merta mengajukan pemeriksaan Covid-19 ini. Harus ada keluhan dulu baru menjalani pemeriksaan oleh dokter paru. "Dilakukan rontgen. Apabila ditemukan pneumoni baru dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," terang Syaf.

Seluruh biaya penanganan pasien positif Covid-19 ini ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sidoarjo. Tapi jika hasilnya negatif, maka biaya ditanggung pasien. 

Salah satu fasilitas konsultasi  kesehatan terkait covid-19 ini ada di RSUD Sidoarjo. Melalui pojok covid-19 yang terletak di pintu masuk Instalasi Rawat Jalan. 

Case manager pojok covid-19 Nuril Masrukah menyampaikan sejak dibuka pada 17 Maret lalu, ada 10 hingga 15 orang per hari memanfaatkan layanan ini. 

Bagaimana alurnya? Pasien datang ke pojok Covid-19. Petugas melakukan anamnesis. Mendata keluhan dan tujuannya pasien. Kalau terpapar, masuk golongkan Orang Dalam Pemantauan (ODP). 

Setelah anamnesis, ada gejala panas lebih dari 38 derajat celcius. Batuk, pilek kemudian sesak nafas petugas mengarahkan untuk dilakukan pemeriksaan. Kemudian dilakukan pemeriksaan di klinik paru, cek laboratorium dan foto thorax. Jika menunjukkan gejala pneumoni digolongkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan harus masuk RS. 

Mereka diberikan edukasi bahwa selama 14 hari diminta tetap menggunakan masker, isolasi mandiri di rumah. Monitoring suhu tubuh atau gejala penyerta lain yang timbul. (rpp/vga)

(sb/rpp/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia