alexametrics
Kamis, 28 May 2020
radarsurabaya
Home > Gresik
icon featured
Gresik

RSUD Ibnu Sina Gelar Donor Darah, Petugas Pakai APD, Peserta Maskeran

26 Maret 2020, 02: 15: 00 WIB | editor : Wijayanto

RSUD Ibnu Sina Gelar Donor Darah, Petugas Pakai APD, Peserta Maskeran

GRESIK-RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik menggelar kegiatan rutin donor darah tiga  bulanan, Selasa 24/3. Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi stok darah yang kosong sejak awal Maret. Penggalangan pendonor dimulai melalui grup whatsapp manajeman dan diikuti 87 peserta.

Namun saat pelaksanaan, jumlah peserta bertambah dari beberapa unit dan di lingkungan RSUD Ibnu Sina. Dalam pelaksaan donor darah, PMI  menerapkan beberapa prosedur khusus dengan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri), sedangkan peserta memakai masker.

Proses pengukuran suhu tubuh juga dilakukan sebelum proses donor. Kali ini PMI Kabupaten Gresik menurunkan delapan petugas dan sistem pemanggilan untuk menghindari antrean.

Plt Wadir Medik sekaligus Ketua Panitia Donor Darah, Maftukhan, S Kep Ners MM mengatakan, dalam proses donor, petugas menyiapkan empat kamar di ruang rawat inap Safron lantai empat gedung Paviliun VIP.

“Untuk membatasi pengunjung menuju lokasi donor darah dilaksanakan screening awal di lantai satu. Ruang tunggu peserta juga menerapkan jarak aman antar peserta,” jelasnya. 

Dalam keadaan darurat Covid-19, RSUD Ibnu Sina berusaha berkontribusi kepada masyarakat dengan memenuhi kebutuhan jumlah darah di PMI Kabupaten Gresik. “Jumlah kebutuhan darah di lingkunagn Rumah Sakit Ibnu Sina akan terus dipenuhi. Setetes darah anda, nyawa bagi sesama,” ungkapnya. 

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP