alexametrics
Senin, 30 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Jadwal Pelunasan BPIH Tahun 2020 Diperpanjang 

25 Maret 2020, 14: 39: 14 WIB | editor : Agung Nugroho

ANTISIPASI: Sejumlah calon jamaah haji yang akan melunasi pembayaran duduk di kursi tunggu antrean dengan berjarak.

ANTISIPASI: Sejumlah calon jamaah haji yang akan melunasi pembayaran duduk di kursi tunggu antrean dengan berjarak. (IST)

Share this      

SIDOARJO-Merebaknya virus corona membuat sejumlah langkah antisipasi terus dilakukan. Salah satunya terkait dengan jadwal pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun ini. Dimana, jadwal pelunasan BPIH saat ini diperpanjang dari jadwal semula. 

Kasi Pelayanan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin menjelaskan, jadwal pelunasan tahap pertama yang awalnya dibuka mulai Kamis (19/3) hingga Jumat (17/4) kini diperpanjang hingga Kamis (30/4). Perubahan jangka waktu pelunasan tersebut untuk BPIH reguler. "Surat edarannya kami terima pada Selasa (24/3) kemarin dan langsung kami sosialisasikan kepada seluruh calon jamaah haji," katanya kepada Radar Sidoarjo. 

Sementara itu, perubahan juga terjadi pada jadwal pelunasan BPIH tahap kedua. Awalnya pelunasan tahap kedua akan digelar mulai Kamis (30/4) hingga Jumat (15/5) mendatang. Kini, jangka waktu pelunasannya berubah mulai Selasa (12/5) hingga Rabu (20/5) mendatang. "Kami juga diminta untuk melakukan protokol pengendalian penyebaran Covid-19, dan kami mulai terapkan sejumlah kebijakan di sini," ujarnya. 

Salah satu upaya yang diminta oleh Kemenag RI adalah dengan membatasi jumlah layanan jamaah yang datang perharinya. Namun, Nasrduin menjelaskan, jika pihaknya tidak dapat melarang CJH datang ke Kemenag Sidoarjo untuk menyerahkan dokumen pelunasan kepada petugas haji. "Saya tidak bisa melarang untuk datang, tapi kami ikhtiarkan social distance berjalan. Di antaranya jaga jarak duduk," paparnya. (far/vga)

(sb/far/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia