alexametrics
Senin, 30 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Ujian Nasional 2020 Dihapus, Tak Pengaruhi Kelulusan

25 Maret 2020, 09: 39: 05 WIB | editor : Agung Nugroho

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Dispendik Jatim) Wahid Wahyudi

TAK PENGARUH: Meski UN tahun ini dihapus, tapi tak akan memengaruhi kelulusan siswa. (DOK/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA-Dihapuskannya Ujian Nasional (UN) tahun 2020 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan mempengaruhi kelulusan siswa, karena sejak 2018, nilai UN tidak lagi menjadi penentu tunggal kelulusan. Melainkan gabungan antara rata-rata rapor ujian sekolah dan praktek lah yang dijadikan acuan kelulusan. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur (Dispendik Jatim) Wahid Wahyudi menuturkan, di tahun sebelumnya, nilai UN SMA menjadi pertimbangan untuk penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi dan sekolah kedinasan. Sehingga jika UN ditiadakan, perguruan tinggi diharapkan untuk merancang acuan seleksi yang lain. 

"Karena peniadaan ini sifatnya mendadak, kami harap PTN juga menyesuaikan, di surat edaran yang baru itu juga sudah disebutkan," tuturnya Selasa (24/3).

Nilai UN SMA sebelumnya juga digunakan untuk mengetahui kualitas dan mutu pendidikan suatu daerah serta sekolah. Dengan ditiadakannya UN  tahun ini, yang seharusnya disepakati akan dihilangkan pada tahun 2021, maka pengukuran mutu itu menggunakan nilai ujian sekolah yang sudah berstandar nasional.

"Kemarin kan sudah dilaksanakan (ujian sekolah/US, Red), kualitas pendidikan di wilayah Jatim bisa dilihat dari situ. Bisa dibandingkan kualitas di Surabaya dengan Madura, Pasuruan dan Jember dan lain seterusnya," terangnya. 

Jokowi mengumumkan penghapusan Ujian Nasional pada Selasa (24/3). Penghapusan ini bertujuan untuk menghentikan   persebaran Covid-19. Juknis dari penghapusan UN ini tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. (ism/nur)

(sb/is/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia