alexametrics
Senin, 30 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Kandungan Disinfektan Aman untuk Lingkungan dan Manusia

24 Maret 2020, 17: 29: 04 WIB | editor : Wijayanto

SEMPROT TIAP HARI: Pemkot rutin melakukan penyemprotan setiap hari untuk cegah covid-19.

SEMPROT TIAP HARI: Pemkot rutin melakukan penyemprotan setiap hari untuk cegah covid-19. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Warga Surabaya tak perlu khawatir akan kandungan bahan kimia dalam penyemprotan disinfektan mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19).Pasalnya, kandungan tersebut terbuat dari bahan kimia benzalkonim chloride yang umumnya digunakan sampo, sabun maupun obat tetes.
Kepala Bidang Peternakan dan Penyuluhan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Meita Irene Wowor mengatakan, bahan benzalkonium chloride umum digunakan sebagai bahan antiseptik dan disinfektan. Mulai dari obat tetes mata, sampo, dan hand sanitizer. "Kandungan (bahan kimia) itu dapat berfungsi untuk membunuh jamur, virus, serta mikroorganisme yang lain. Tetapi juga dapat berfungsi sebagai disinfektan jika digunakan dalam konsentrasi tinggi," katanya.
Meita mengungkapkan, secara keamanan, bahan kimia tersebut lebih ramah untuk lingkungan maupun manusia. "Jadi, kita pastikan aman baik dari sisi konsentrasinya maupun bahannya," tegasnya
Upaya penyemprotan disinfektan yang dilakukan Pemkot Surabaya ini sebagai langkah preventif atau pencegahan terhadap penyebaran Covid-19. Namun begitu, penyemprotan disinfektan bukanlah sebagai langkah pengobatan atau kuratif. Seperti diketahui, penyemprotan disinfektan saat ini rutin dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Selain instansi dan tempat layanan publik, penyemprotan juga dilakukan di kampung-kampung dengan bantuan pesawat tanpa awak atau drone. (rmt/jay)

(sb/rmt/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia