alexametrics
Jumat, 05 Jun 2020
radarsurabaya
Home > Politik Sidoarjo
icon featured
Politik Sidoarjo

Verifikasi Faktual Dipastikan Tetap Berjalan

KPU Perhatikan Kebersihan dan Kesehatan

19 Maret 2020, 16: 38: 41 WIB | editor : Agung Nugroho

PEMERIKSAAN: Berkas dukungan calon perseorangan saat diperiksa di Kantor KPU Sidoarjo.

PEMERIKSAAN: Berkas dukungan calon perseorangan saat diperiksa di Kantor KPU Sidoarjo. (IST)

Share this      

SIDOARJO-Ketua KPU Sidoarjo M Iskak mengupayakan serangkaian tahapan pemilu dapat tertap berlangsung di tengah merebaknya virus korona, termasuk proses verifikasi faktual. Namun untuk pelaksanaannya akan tetap memperhatikan kaidah keselamatan para penyelenggara pemilu.”Bekal alat kesehatan dan kebersihan juga menjadi perhatian,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Sidoarjo memang telah mengeluarkan surat edaran tentang pembatasan sejumlah kegiatan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Sidoarjo hingga 30 Maret. Padahal, pada tanggal 25 Maret, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo bakal mulai melaksanakan verifikasi faktual berkas dukungan bakal calon perseorangan.

Dikatakan M Iskak, proses verifikasi faktual sangat perlu dilakukan. Hal itu untuk memvalidkan data dukungan dari bakal calon perseorangan yang maju dalam Pilkada Sidoarjo 2020. Apalagi, dalam proses verifikasi Administrasi yang sedang berlangsung, KPU menemukan ratusan berkas terindikasi  Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Berkas yang terindikasi TMS itu bisa tidak hangus jika ada temuan baru dalam verifikasi faktual. Misal status ASN tapi sudah pensiun.

Iskak khawatir, penundaan agenda verifikasi faktual juga bakal berdampak pada potensi tidak mencapai deadline, juga bakal mengganggu agenda dalam rangkaian Pilkada yang sudah direncanakan. Karena itulah, seluruh penyelenggara pemilu diharapkan tetap bekerja maksimal. Namun tetap mengedepankan kesehatan dan kebersihan. Apalagi ditengah antisipasi penyebaaran virus corona. (son/nis)

(sb/son/Nug/JPR)

 TOP