alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarsurabaya
Home > Politik Gresik
icon featured
Politik Gresik

Puluhan Pengurus Parpol Lolos Tes Tulis PPS, Bawaslu Minta KPU Cermat

12 Maret 2020, 15: 33: 44 WIB | editor : Wijayanto

PANTAU: Kordiv Pengawasan Bawaslu Gresik Jamhari saat memantau pelaksanaan tes wawancara rekrutmen PPS.

PANTAU: Kordiv Pengawasan Bawaslu Gresik Jamhari saat memantau pelaksanaan tes wawancara rekrutmen PPS. (ISTIMEWA)

Share this      

GRESIK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik kembali menyoroti kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam proses rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sama halnya dengan rekrutmen Panitia Pemilu Kecamatan (PPK), Bawaslu menemukan ada puluhan pengurus parpol yang lolos tes tulis rekrutmen PPS.

Hal ini menunjukkan bahwa KPUD Gresik tidak cermat dalam memantau proses seleksi panitia pemilu. Kordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Gresik Syafi’ Jamhari mengatakan dari hasil pengawasan yang dilakukan ada sekitar 26 pengurus parpol.

“Mereka semua sudah lolos tes tulis dan menjalani tes wawancara,” ujarnya.

Ini dibuktikan dengan surat keputusan (SK) yang dikeluarkan parpol untuk pengurus ditingkat kecamatan maupun desa. “Ada semua buktinya. Bahwa mereka merupakan pengurus parpol,” terangnya.

Terkait temuan ini, Bawaslu telah mengirimkan surat rekomendasi kepada KPU. Mereka meminta agar KPU mengevaluasi pola rekrutmen penitia pemilu. Karena ini mengulang temuan pada rekrutmen PPK.

“Kami minta KPU untuk memberikan klarifikasi terkait termuan tersebut,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik Ahmad Roni menyatakan pihaknya belum mengkaji temuan Bawaslu tersebut. “Akan kami kaji dulu. Saat ini kami masih ada agenda tes wawancara calon PPS selama dua hari ini,” ujarnya. (qom/rof)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP