alexametrics
Rabu, 01 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Features Sidoarjo
icon featured
Features Sidoarjo
Pemuda Ide Cemerlang

Muhammad Farid, Wadahi Komunitas untuk Mengekspresikan Diri

27 Februari 2020, 15: 43: 53 WIB | editor : Agung Nugroho

ANTUSIAS: Peserta workshop mengikuti bimbingan UMKM yang digelar waktu yang lalu.

ANTUSIAS: Peserta workshop mengikuti bimbingan UMKM yang digelar waktu yang lalu. (IST)

Share this      

Masih berusia muda, Muhammad Farid, pemuda Perumahan Griya Permata Hijau, Candi sudah mampu berinovasi. Idenya tersebut tak tanggung, mewadahi komunitas dan pelaku usaha untuk mengekspresikan diri di tempat miliknya.

Hilda Sepka/Wartawan Radar Sidoarjo

Di sebuah kafe yang berdiri sejak setahun yang lalu, sudah banyak komunitas yang memaksimalkan fasilitas yang diberikan pemuda berusia 28 tahun tersebut. Tempat yang diberi nama Emiko tersebut telah menampung banyak pemuda-pemuda inovatif dan kreatif.

Dia menjelaskan, ide cemerlang tersebut telah muncul sejak lama. Namun untuk eksekusinya memerlukan proses yang panjang. Sebab tujuan yang dikehendaki cukup visioner. Mewadahi komunitas dan pelaku usaha yang menurutnya saat ini kurang diperhatikan. “Sebagai tempat mereka untuk berbagi dan melakukan wokrshop,” ujarnya kepada Radar Sidoarjo, Rabu (26/2).

Salah satunya, pelaku UMKM yang terhimpun dalam komunitas Mari Berkarya juga ikut berperan. Komunitas tersebut, menurut Farid berisi dari berbagai lintas wilayah. Tidak hanya Sidoarjo, melainkan luar daerah seperti, Kediri, Blitar, Surabaya, Tulungagung, dan Malang. “Berbagai macam produk usaha yang dijalankan,” bebernya.

Selain itu, terdapat komunitas pecinta fotografi mainan pun turut ke dalam wadah tersebut. Belum lama komunitas tersebut mengadakan pelatihan fotografi mainan yang diikuti banyak peserta. Diharapkan komunitas yang saat ini sedang berkembang mampu mengekspresikan diri. “Tidak hanya eksis di dunia maya melainkan dunia nyata,” terangnya.

Dia berharap, dengan adanya wadah tersebut akan memudahkan untuk mengetahui potensi yang berada di Kota Delta. Sebab, mereka akan termotivasi dan lebih percaya diri untuk menunjukkan diri. Dalam bentuk pameran, pelatihan, maupun sekedar berbagi pengalaman. “Yang hanya dibutuhkan anak muda adalah wadah untuk aktualisasi diri,” pungkasnya. (*/nis)

(sb/jpg/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia