alexametrics
Kamis, 09 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Hukum & Kriminal Surabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Nemu Granat Aktif, Pemuda Ini Nekat Simpan di Rumah

26 Februari 2020, 16: 29: 12 WIB | editor : Wijayanto

JIBOM: Polisi mengamankan granat nanas yang ditemukan di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya.

JIBOM: Polisi mengamankan granat nanas yang ditemukan di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Sebuah granat nanas ditemukan oleh Kharis Mukti, 25, Selasa (25/2) pukul 01.00. Saat itu, pemuda ini hendak memancing di gorong-gorong depan Gedung Juang 45 Jatim di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya.

Warga Kebumen, Jawa Tengah, yang indekos di Jalan Wonokitri VII, Sawahan, itu kemudian membawa pulang granat tersebut. Esoknya, dia baru melaporkan penemuan itu ke polisi.

Kanitreskrim Polsek Sawahan Iptu Ristitanto mengatakan, granat tersebut diketahui masih aktif saat diamankan. Penemu pertama tidak-tahu menahu apa yang harus dilakukan dengan granat itu. Kharis bahkan sempat membersihkan granat tersebut dan mengambil fotonya.

Esok pagi baru ia melaporkan penemuan tersebut. “Ternyata granat aktif. Untungnya tidak meledak saat dibersihkan dan dibawa ke rumah saksi,” ungkapnya.

Risti mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika Kharis bersama temannya ingin mancing di gorong-gorong Jalan Mayjen Sungkono. Saat itu, ia melihat di dalam gorong-gorong ada sesuatu dan tidak langsung diambil.

“Itu ditemukan pertama kali pada Minggu (23/2) dini hari di dalam lumpur. Namun, oleh Kharis ini ditaruh di saluran gorong-gorong saja dan tidak dibawa pulang,” ungkapnya.

Selasa (25/2) dini hari, Kharis kembali datang ke lokasi kejadian. Ia melihat granat tersebut tetap berada di lokasi yang sama. Saat itulah, ia mengurungkan niatnya untuk memancing dan mengambil granat itu. Lalu, dia memilih membawa granat itu pulang.

Sesampainya di rumah kosnya, ia membersihkan granat tersebut dan mengambil fotonya. Baru kemudian pada esok paginya, penemuan itu dilaporkan ke ketua RT. “Saat itu baru dilaporkan ke kami. Kami minta granat dikembalikan ke tempat semula,” katanya.

Tim Penjinak Bom (Jibom) Satbrimob Polda Jatim menuju ke lokasi dan membawa granat tersebut. Identifikasi awal, granat itu masih dalam kondisi aktif. Mengenai usia granat, pihaknya masih belum tahu pasti. (gun/rek)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP