alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Ekonomi Surabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Bunga KPR Turun, Citra Harmoni Optimistis Penjualan Naik Signifikan

25 Februari 2020, 18: 47: 12 WIB | editor : Wijayanto

PENAWARAN MENARIK: General Manager Citra Harmoni Hartono Winarko (dua dari kanan) dan Marketing Manager Citra Harmoni Mayasari (tiga dari kanan) saat

PENAWARAN MENARIK: General Manager Citra Harmoni Hartono Winarko (dua dari kanan) dan Marketing Manager Citra Harmoni Mayasari (tiga dari kanan) saat meninjau rumah contoh salah satu cluster di Citra Harmoni. (ABDULLAH MUNIR/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Kebijakan perbankan yang menurunkan suku bunga KPR diperkirakan akan mendorong pasar properti di Surabaya. Sebab itu, developer semakin optimistis tahun ini mampu meningkatkan penjualannya dengan merilis berbagai tipe baru.

General Manager Citra Harmoni Hartono Winarko menjelaskan, pihaknya sangat yakin tahun ini kondisi pasar properti akan membaik. Pasalnya, beberapa bank besar berlomba menurunkan bunga KPR-nya.

"Belum pernah ada dalam sejarah bank besar menurunkan suku bunganya seperti sekarang. Kami optimistis tahun ini pasar properti akan membaik," kata Hartono saat meninjau rumah contoh di Citra Harmoni.

Optimisme sudah terlihat pada dua bulan pertama tahun ini, dimana penjualan naik signifikan dibanding periode sama tahun lalu. Selain kondisi ekonomi yang mulai membaik juga adanya penawaran menarik dari perbankan.

Sehingga customer terpacu untuk membeli unit di Citra Harmoni. "Bahkan ada bank yang berani memberikan bunga hingga nol persen. Ini tidak pernah terjadi sebelumnya," tambahnya.

Marketing Manager Citra Harmoni Mayasari menambahkan, respons market dalam dua bulan pertama ini cukup bagus. Bahkan rumah dua lantai yang dilepas dengan harga mulai Rp 600-an juta banyak yang cari. Dan tidak sedikut pula pembinya dari kalangan profesional dan pengusaha muda serta keluarga muda.

"Banyak pembeli milenial atau profesional dan pasangan muda. Rumah satu lantai masih paling favorit. Namun sekarang rumah dua lantai juga semakin banyak yang membutuhkan. Harga dibawah Rp 1 miliar yang dominan di sini," ujarnya.

Pihaknya juga memberikan banyak kemudahan untuk mendorong penjualan. Misalnya down payment (DP) mulai 5 persen plus subsidi atau senilai Rp 23 juta sudah bisa diproses. Angsuran KPR-nya juga ringan, mulai Rp 3,1 juta dengan tenor 20 tahun. 

"Kami juga memberikan subsidi bunga KPR, sehingga bunga yang sudah ringan semakin ringan. Bahkan untuk rumah ready bunga KPR bisa sampai nol persen satu tahun pertama," tandasnya.

Consumer Loans Head Bank Mandiri Regional Surabaya Indradi Wahyudi mengatakan, pihaknya memberikan penawaran menarik untuk costomer yang memerlukan KPR dengan bunga mulai 4,59 persen fix satu tahun. Dia yakin dengan terobosan menarik ini target pertumbuhan tahun ini sebesar 8 persen akan tercapai. Tahun lalu pihaknya berhasil menyalurkan KPR sebesar Rp 1,6 triliun.

"Kami bahkan punya program KPR fix selama 10 tahun dengan bunga hanya 9,9 persen. Ini bunga KPR paling menarik yang belum pernah kami lakukan sebelumnya," tandas Indradi. (fix/nur)

(sb/fik/jay/JPR)

 TOP