alexametrics
Rabu, 01 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Politik Sidoarjo
icon featured
Politik Sidoarjo

Kuota Anggota Panwaslu Kelurahan Belum Terpenuhi

25 Februari 2020, 17: 58: 59 WIB | editor : Agung Nugroho

SERIUS: Seleksi Panwaslu Kelurahan di Kecamatan Sidoarjo

SERIUS: Seleksi Panwaslu Kelurahan di Kecamatan Sidoarjo (IST)

Share this      

SIDOARJO–Pendaftaran calon panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kelurahan/desa telah ditutup pada Sabtu (22/2) lalu. Namun, jumlah pendaftar masih belum memenuhi kuota yang diharapkan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Haidar Munjid mengungkapkan, meski sudah ditutup, namun kuota Panwaslu kelurahan/desa masih belum seperti yang diharapkan. “Masih banyak yang kosong,” katanya.

Misalkan saja di Kecamatan Sidoarjo, tidak semua kelurahan/ desa memiliki pendaftar lebih dari satu orang. Padahal harapannya bisa lebih dari satu orang untuk masing-masing kelurahan/desa agar memudahkan dalam proses seleksi selanjutnya. 

Di kecamatan Sidoarjo ada 3 kelurahan/desa yang memliki 3 pendaftar. Yakni kelurahan / desa Celep, Kemiri dan Pucang.  Sementara 6 kelurahan dengan dua pendaftar yakni Sekardangan, Sumput, Sidokumpul, Banjarbendo, Gebang dan Rangkah Kidul. Sisanya 15 kelurahan dengan 1 pendaftar. Dengan pendaftar yang lebih dari satu maka akan memudahkan untuk melakukan perbandingan dalam tahapan seleksi selanjutnya.

Oleh karena itu, pihak penyelenggara juga akan merencanakan agenda lain untuk kembali menjaring peminat sebagai Panwaslu kelurahan/desa. Hal itu masih dalam tahap pengkoordinasian lebih lanjut.

Diketahui, para anggota Panwaslu kelurahan/ desa nantinya juga memiliki peranan yang cukup penting selama proses pelaksanaan pemilu. Mereka akan mengawasi tahapan di tingkat kelurahan/desa. Misalnya pemutakhiran data pemilih, pengawasan verifikasi faktual dukungan calon peseorangan, memantau pelaksanaan kampanye, hingga perlengkapan dan pendistribusian alat pemungutan suara. (son/nis)

(sb/son/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia