alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

13 Calon PPIH Terpilih Besok Mulai Jalani Pembekal dan Pelatihan

25 Februari 2020, 17: 35: 32 WIB | editor : Agung Nugroho

REKAM: Sejumlah CJH Sidoarjo saat melakukan proses perekaman paspor aula di Kemenag Sidoarjo.

REKAM: Sejumlah CJH Sidoarjo saat melakukan proses perekaman paspor aula di Kemenag Sidoarjo. (IST)

Share this      

SIDOARJO-Kemenag Sidoarjo resmi mengumumkan 13 calon peserta Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Selasa (18/2) lalu. Kini ke 13 nama itu bakal segera mengikuti pembekalan dan pelatihan PPIH kloter. Rencananya, kegiatan itu bakal digelar pada 26 hingga 31 Februari nanti.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin menjelaskan, ke 13 calon PPIH itu terdiri dari enam orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan tujuh orang untuk Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

“Serangkaian kegiatan masih harus dijalani oleh calon PPIH,” katanya kepada Radar Sidoarjo

Selain pembekalan dan pelatihan PPIH kloter, mereka juga masih harus mengikuti tes kompetensi lanjutan juga dengan menggunakan sistem computer assested test (CAT) dan wawancara di tingkat eselon I pusat dan instansi terkait.

Di sisi lain, Kemenag Pusat bakal memanggil calon PPIH Arab Saudi yang berhak mengikuti pembekalan. Kemudian akan dilanjut dengan mengusulkan calon PPIH untuk ditetapkan sebagai PPIH kloter dalam pelakasaan ibadah haji tahun ini.

“Pengumuman PPIH Arab Saudi dan usulan penetapan rencananya April mendatang,” paparnya.

Bagaimana dengan Calon Jamaah Haji (CJH) Sidoarjo? Serangkaian tahapan sudah dilakukan. Mulai cek kesehatan hingga perekaman paspor haji. Kini, mereka masih menunggu kepetusan presiden (Keppres) menyangkut besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dan waktu pelunasannya.

Estimasinya, ada 2.600 CJH di Sidoarjo. Jumlah itu naik 100 CJH dibanding tahun lalu. Namun keputusan berangkat tidaknya ribuan CJH itu ditentukan saat proses pelunasan. Bagi mereka yang melunasi, maka dipastikan bakal berangkat, dan akan melakukan sejumlah tahapan lainnya.

“Termasuk perekaman visa haji nantinya, karena itu menunggu paspor,” paparnya. (far/nis)

(sb/far/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia