alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Masyarakat Diajak Untuk Tanam Bawang Merah Organik Dalam Polybag

22 Februari 2020, 13: 21: 32 WIB | editor : Agung Nugroho

INOVASI: Ketua tim peneliti teknologi hasil pertanian Mahfud mensosialisasikan manfaat menanam bawang bersama kelompok asuhan mandiri di Desa Ketimang

INOVASI: Ketua tim peneliti teknologi hasil pertanian Mahfud mensosialisasikan manfaat menanam bawang bersama kelompok asuhan mandiri di Desa Ketimang, Wonoayu. (RIZKY PUTRI PRATIMI/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Bawang merah menjadi salah satu komoditas bernilai tinggi. Harganya pun fluktuatif. Agar masyarakat tidak terganggu atas harga yang tidak stabil itu, sejumlah inovasi dilakukan. 

Ketua tim peneliti teknologi hasil pertanian Umsida, Mahfud mengajak kelompok asuhan mandiri (asman) untuk menanam bawang merah dalam polybag. “Bawang merah punya seribu manfaat, untuk bumbu masak atau untuk kesehatan. Dengan sistem organik bisa mengurangi residu logam berat dan pestisida,” jelas Mahfud, Jumat (21/2). 

Mahfud mengatakan, jika per rumah ada 10-15 polybag bawang yang ditanam, maka jumlahnya akan bertambah banyak. Setiap polybag kalau hasilnya bagus itu bisa menghasilkan minimal 50-100 gram. Dengan masa panen 60-70 hari. 

Mahfud berharap ke depan bisa mengangkat harkat, martabat dari sisi ekonomi masyarakat. “Karena membantu ibu-ibu dengan kegiatan tambahan melalui pemberdayaan ekonomi. Diharapkan bisa menghemat pengeluaran rumah tangga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, penanaman bawang merah ini dapat dikembangkan lagi untuk bumbu masak atau bawang goreng. Desa Ketimang menjadi desa destinasi sayur organik khususnya bawang merah.

Ajeng Listiyowati mahasiswi semester enam teknologi hasil pertanian Umsida yang sekaligus staf administrasi Desa Ketimang, bahwa di desa tersebut sebelumnya kelompok asman telah membudidayakan tanaman kelor. “Selain mengajak menanam bawang, kita memperkenalkan tanaman okra. Menambah ragam tanaman yang bernilai ekonomis,” terangnya. (rpp/vga) 

(sb/rpp/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia