alexametrics
Selasa, 31 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Politik Sidoarjo
icon featured
Politik Sidoarjo

Penyelenggara Pemilu Harus Perhatikan Menurunnya Partisipasi Politik

22 Februari 2020, 13: 07: 17 WIB | editor : Agung Nugroho

Anggota Komisi II DPR RI Supriyanto

Anggota Komisi II DPR RI Supriyanto (IST)

Share this      

SIDOARJO–Penyelenggara pemilu di Sidoarjo diminta mewaspadai pergeseran partisipasi politik saat ini. Dari hasil penelitian di beberapa negara maju, ditemukan jika tingkat pendidikan masyarakat yang tinggi justru partisipasi politiknya menurun. 

Anggota Komisi II DPR RI Supriyanto menyebutkan, masyarakat terdidik cenderung ekonominya baik. Mereka cenderung sibuk dengan pekerjaanya daripada datang ke TPS.  Mereka juga punya alasan tersendiri dalam keterlibatan  partisipasi politik. “Sibuk dengan pekerjaan. Harus menjadi catatan,” terangnya

Fenomena itu juga sangat memugkinkan terjadi di Sidoarjo. Kondisi Pilkada di Sidoarjo dinilai beberapa kali memang sangat kondusif. Bahkan hampir tak ada konflik dan sengketa setiap kali Pilkada usai. Namun, Supriyanto tetap meminta penyelenggara pemilu di Sidoarjo tidak tenang saja. Tetapi tetap harus hati-hati. “Bisa jadi kondusif karena partisipasinya rendah,” imbuhnya.

Karena itulah, pihaknya tetap meminta para penyelenggara pemilu dan instansi terkait tetap memperhatikan aspek partisipasi politik. Sosialisasi di setiap tahapan dapat dimaksimalkan dengan baik. Sehingga partisipasi politik akan terjaga.

Tentu dengan mengedepankan kondusifitas pesta demokrasi yang digelar. “ Semoga Pilkada ini bisa berjalan dengan lancar, netral, jujur, adil, dan bisa memilih pemimpin yang baik bagi masyarakat Sidoarjo," harapnya.(son/nis)

(sb/son/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia