alexametrics
Senin, 06 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Politik Sidoarjo
icon featured
Politik Sidoarjo

Pendaftar Panwaslu Baru 276 Orang Padahal Hari Ini Terakhir Rekrutmen

22 Februari 2020, 13: 01: 31 WIB | editor : Agung Nugroho

GANTIAN: pengarahan anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) yang lolos seleksi beberapa waktu lalu. Saat ini tunggu giliran Panwaslu Kelurahan/D

GANTIAN: pengarahan anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) yang lolos seleksi beberapa waktu lalu. Saat ini tunggu giliran Panwaslu Kelurahan/Desa. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO-Hari ini (22/2) adalah hari terakhir rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) kelurahan dan desa. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo masih menunggu peserta yang ingin mendaftar untuk memenuhi kuota kebutuhan Panwaslu di setiap desa atau kelurahan di Sidoarjo.

Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid mengungkapkan, belum semua kuota kebutuhan Panwaslu di setiap desa atau kelurahan di Sidoarjo terpenuhi. Data terakhir per Kamis (20/2), tercatat ada 276 orang yang sudah mendaftar sebagai Panwaslu. “ Kebutuhan totalnya ada 349 orang. Karena setiap kelurahan atau desa butuh satu orang,” katanya.

Karena itulah, Haidar meminta kepada masyarakat yang berminat berpartisipasi dalam Panwaslu di Pilbup 2020 ini dapat memanfaatkan hari terahir rekrutmen ini. Tentu dengan melengkapi sejumlah persyaratan yang telah diinformasikan sebelumnya. Mereka dapat mendaftar di kantor Panwaslu kecamatan masing-masing.

Para anggota Panwaslu kelurahan/ desa nantinya juga memiliki peranan yang cukup penting selama proses pelaksanaan pemilu. Mereka akan mengawasi tahapan di tingkat kelurahan/desa. Misalnya pemutakhiran data pemilih, pengawasan verifikasi faktual dukungan calon peseorangan, memantau pelaksanaan kampanye, hingga perlengkapan dan pendistribusian alat pemungutan suara.

Saat hari H pemilihan, Panwaslu juga akan bekerja ekstra. Mereka akan mengawasi proses pemungutan suara, penghitungan di setiap TPS, hingga pengumuman hasil perhitungan suara sampai ke sekretariat PPS. “Memantau surat suara dari TPS sampai ke PPK juga,” pungkasnya. (son/nis)

(sb/son/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia