alexametrics
Kamis, 09 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Perlu Pembaruan Kontrak Terkait Nilai Sewa Lahan Sun City

22 Februari 2020, 12: 52: 02 WIB | editor : Agung Nugroho

CEK: Komisi B DPRD Sidoarjo saat sidak di Sun City

CEK: Komisi B DPRD Sidoarjo saat sidak di Sun City (IST)

Share this      

SIDOARJO-Kawasan pusat perbelanjaan, hotel dan hiburan Sun City menjadi sorotan anggota DPRD Sidoarjo. Komisi B DPRD Sidoarjo meminta ada perubahan kesepakatan terhadap nilai sewa lahan.

Sebelumnya, rombongan anggota Komisi B DPRD Sidoarjo memang melakukan sidak ke kawasan Sun City yang ada di Jalan Pahlawan itu. Diketahui nilai sewa lahan Sun City hanya Rp 200 juta setiap tahun.

Nilai sewa itu dirasa sudah usang, karena kalau ditinjau dari bangunan dan penggunaannya sudah banyak mengalami penambahan. Bahkan yang terbaru pihak Sun City juga sedang membangun apartemen. 

Tentu hal itu berbeda dengan kondisi saat pertama kali kontrak dengan pemerintah kabupaten. “Nilai sewanya masih lama, padahal sudah banyak yang berubah. Kalau gini pemkab yang rugi,” terang Anggota Komisi B DPRD Sidoarjo Reza Ali Faizin.

Dengan adanya pembaruan kontrak diharapkan tidak terlalu merugikan pihak pemkab. Selain itu, pihak Sun City juga tetap bisa beroperasional sebagai mana biasanya.

Reza menambahkan, perubahan kesepakatan atau adendum juga berfungsi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. “Potensi peningkatannya tinggi, jadi perlu pembaruan,” imbuhnya.

Dari hasil sidak itu pula diketahui nilai pajak Sun City juga cukup variatif. Mulai dari PBB mall, hotel, dan gedung restoran senilai Rp 689 juta per tahun. Pajak hiburan waterpark Rp 545 juta per tahun, hingga pajak Restoran Rp 24 juta per tahun. (son/nis) 

(sb/son/Nug/JPR)

 TOP