alexametrics
Selasa, 31 Mar 2020
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Menangi PGJ 2020, Persebaya Mantap Menatap Liga 1/2020

21 Februari 2020, 16: 14: 10 WIB | editor : Wijayanto

CHAMPIONS: Pemain Persebaya merayakan kemenangan di Piala Gubernur Jatim 2020 bersama Gubernur Khofifah dan suporter Bonek.

CHAMPIONS: Pemain Persebaya merayakan kemenangan di Piala Gubernur Jatim 2020 bersama Gubernur Khofifah dan suporter Bonek. (NET/INSTAGRAM/OFFICIALPERSEBAYA)

Share this      

SURABAYA – Persebaya Surabaya sukses menjadi kampiun Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 setelah mengandaskan perlawanan Persija Jakarta dengan skor 4-1 di babak final yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2).

AMUNISI MUDA: Para pemain muda Persebaya yang berkontribusi mempersembahkan trofi gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020.

AMUNISI MUDA: Para pemain muda Persebaya yang berkontribusi mempersembahkan trofi gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020. (NET/INSTAGRAM/OFFICIALPERSEBAYA)

Kemenangan ini membuat tim berjuluk Bajul Ijo itu mantap menatap Liga 1 2020 yang akan bergulir sembilan hari lagi pada 29 Februari mendatang.

Selain Liga 1, Persebaya pada musim ini juga ditunjuk oleh PSSI untuk mewakili Indonesia di kejuaraan sepakbola Asia Tenggara bertajuk ASEAN Club Championship 2020 bersama Bali United sebagai juara dan runner up Liga 1/2019. Turnamen tahunan itu bakal dimulai pada 9 Mei mendatang.

Pelatih Aji Santoso mengaku timnya semakin mantap pasca menjuarai turnamen pra musim PGJ 2020. Diakui Aji, turnamen ini menjadi pelajaran bagus bagi para pemain Persebaya untuk menatap kompetisi Liga 1 2020.

Namun untuk menghadapi kompetisi sesungguhnya dalam Liga 1, ia mengaku kedalaman skuat dibutuhkan untuk menentukan langkah Persebaya berikutnya. Apalagi beberapa pilar Persebaya seperti Rachmat Irianto dan Hansamu Yama dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

Karena itu, kata Aji, para pemain muda sengaja dimunculkan dalam turnamen pra musim PGJ 2020 agar permainan mereka berkembang dan mampu menghadirkan prestasi untuk tim. "Ini suatu pelajaran bagus untuk kompetisi (Liga 1) nanti, paling tidak anak-anak bisa tampil konsisten nanti sepanjang kompetisi," ungkap Aji.

Sekadar diketahui, menjelang kompetisi Liga 1 2020, Persebaya Surabaya mempunyai banyak pemain muda. Total ada sembilan pemain muda yang saat ini membela Bajul Ijo. Seperti Supriyadi, Hambali Tholib, Alwi Slamat, dan lain-lain. "Saya suka dan bangga ada banyak pemain-pemain muda bermunculan di sini, ada Hambali, Alwi Slamat dan pemain yang lain," ucap Aji.

Dalam turnamen PGJ 2020 yang berlangsung nonstop selama 10 hari, Aji memang memadukan pemain muda dan senior. "Memang, salah satu tujuan memainkan pemain muda di PGJ 2020 ini, saya ingin saat kompetisi sudah berjalan, pemain tidak ada yang merasa nervous," kata mantan pelatih timnas ini.

Dan, trofi pertama yang dipersembahkan Aji untuk Persebaya di turnamen PGJ 2020 kemarin memang begitu membanggakan. Apalagi gelar juara ini adalah yang kedua bagi skuat Green Force setelah terakhir menjadi juara pada 2005, atau 15 tahun yang lampau.

Persebaya mengungguli tim ibu kota Persija Jakarta dengan skor telak 4-1. Persebaya yang didukung penuh suporter Bonek mencetak gol dari empat pemain berbeda. Yakni Oktafianus Fernando (3'), Makan Konate (52'), Ricky Kambuaya (56'), dan Mahmoud Eid (80'). Sementara satu gol Persija diciptakan oleh Marko Simic lewat sundulan kepala pada menit ke-44.

Kemenangan ini juga disyukuri gelandang muda Persebaya, M Hambali Tolib. Hambali yang baru bergabung musim ini mengaku bersyukur bisa mengantarkan tim kebanggaannya meraih trofi PGJ 2020.

Mantan pemain Persela Lamongan ini berharap laju positif timnya pada ajang pramusim bisa berlanjut di kompetisi Liga 1 2020. "Bersyukur sekali kami bisa juara Piala Gubernur Jatim. Ini modal kami di Liga 1 nanti, kami banyak belajar dari turnamen ini, semoga kami ke depan lebih baik lagi," ujar Hambali.

Atas kemenangan ini, Persebaya berhak menerima hadiah uang tunai senilai Rp 300 juta. Sedangkan Persija sebagai runner-up mendapatkan hadiah Rp 200 juta. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia