alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya

Final Piala Gubernur di GOR Delta Sidoarjo, The Jak Dilarang Hadir

19 Februari 2020, 16: 26: 12 WIB | editor : Agung Nugroho

VENUE FINAL: Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang akan menjadi venue pertandingan final PGJ antara Persebaya vs Persija.

VENUE FINAL: Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang akan menjadi venue pertandingan final PGJ antara Persebaya vs Persija. (DOK/JAWAPOS)

Share this      

SURABAYA - Partai puncak final Piala Gubernur Jawa Timur 2020 yang mempertemukan Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta bakal digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (20/2) sekitar pukul 15.00.

RAKOR: Rapat koordinasi penyelenggaraan partai final PGJ antara Persebaya vs Persija.

RAKOR: Rapat koordinasi penyelenggaraan partai final PGJ antara Persebaya vs Persija. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Polda Siapkan Pengamanan Ekstra, Gelar Titik-Titik Nobar

Keputusan itu dikeluarkan setelah panitia penyelenggara yakni Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim bersama Kodam V Brawijaya dan Polda Jatim menggelar rapat koordinasi (rakor) di Markas Polda Jatim, Rabu (19/2).

Sekretaris Asprov PSSI Jatim Amir Burhanuddin mengatakan, sesuai hasil rapat koordinasi pekan lalu, bila Persebaya lolos ke final maka laga puncak akan digelar di kandang Persebaya yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Begitu pun bila Arema FC yang lolos ke final maka laga akan digelar di kandang Arema FC yakni Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang. Karena laga semifinal yang mempertemukan Persebaya vs Arema dimenangkan tim Bajul Ijo, maka laga sedianya digelar di Stadion GBT.

"Namun info tadi malam (Selasa malam, 18/2, Red) sampai kami update tadi pagi (Rabu pagi, 19/2, Red), dalam rapat Pam (pengamanan, Red) yang kedua bersama Kapolda, penggunaan stadion (GBT) tidak mungkin kita pakai karena memang SOP lapangan sedang dalam perawatan," terang Amir di Mapolda Jatim, Rabu (19/2).

Setelah dipastikan GBT tidak bisa digunakan, Panpel pun berkoordinasi dengan cepat ke pengelola stadion terdekat, yakni Gelora Delta Sidoarjo. Hasilnya, pengelola stadion menyatakan stadion dalam kondisi kosong untuk besok Kamis.

"Dan diputuskan dalam rakor tadi, kami akan gelar final Persebaya lawan Persija dalam turnamen PGJ 2020 di GOR Delta. Kami juga ada perubahan jam tayang dari semula pukul 18.30, akan kami gelar mulai pukul 15.30," bebernya.

Amir menambahkan, semua persiapan panpel sudah diputuskan termasuk pergeseran peralatan dari Stadion Soepriadi Blitar (laga semifinal) ke GOR Delta, Sidoarjo. Tak hanya itu, panpel juga sudah berkoordinasi dengan manajemen Persebaya.

Menurut Amir, keputusan ini tidak mengurangi kesepakatan dalam rapat koordinasi dimana Persebaya yang lolos ke final akan digelar di homebase Persebaya. "Sehingga kami mempersilahkan rekan-rekan Bonek untuk menyaksikan di stadion. Namun ingat, seperti yang disampaikan Kapolda, jaga Jatim tetap aman, tertib, dan pasti akan ada tindakan dari Kapolda kalau ada pelanggaran hukum," tegasnya.

Terkait keputusan ini pula, Amir mengungkapkan bahwa sesuai kesepakatan seperti di pertandingan liga, maka suporter Persija, The Jak Mania, dilarang datang ke Stadion GOR Delta. Pihak panpel mengimbau suporter Persija untuk menonton pertandingan melalui siaran langsung televisi. "(Suporter Persija) Tidak ada. Kami sudah koordinasi tidak ada yang boleh datang," ungkapnya.

Sementara untuk tiket pertandingan final, Amir menyebutkan mulai Rabu sore sudah akan dijual. Namun, pihak panpel mengurangi 20 persen dari kapasitas stadion untuk pengamanan.

"Jadi kapasitas stadion ada 30 ribu, maka kami hanya jual (tiket) 24 ribu. Dengan komposisi, 15 ribu ekonomi, 6 ribu utama, dan 3 ribu VIP," tukasnya. Pengurangan itu, lanjut Amir, sebagai antisipasi supaya tidak crowded. Nantinya pihak panpel juga akan menyiapkan area nonton bareng (nobar) di sekitar stadion untuk memecah konsentrasi massa. (rus/jay)

(sb/rus/Nug/JPR)

 TOP