alexametrics
Jumat, 03 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Sidoarjo
icon featured
Sidoarjo

Usai Hujan Deras, Gapura Desa Kedung Kembar Roboh

19 Februari 2020, 05: 10: 59 WIB | editor : Wijayanto

AMBYAR: Kondisi salah satu gapura desa yang roboh.

AMBYAR: Kondisi salah satu gapura desa yang roboh. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Desa Kedung Kembar, Kecamatan Prambon memiliki ikon unik sebagai penanda desa, yakni dua buah gapura yang berada di jalan masuk desa. Sayang, satu dari dua gapura yang dibangun belum genap satu tahun itu telah roboh, Senin (17/2) malam.

Lasmadi, 55, warga sekitar menceritakan, bangunan gapura yang disusun dari batu bata merah itu diketahui roboh sekitar pukul 21.00. Yakni satu bagian gapura yang berada di sisi barat.

Sementara satu bagian gapura yang berada sisi sebelahnya masih nampak berdiri. “Waktu hujan deras semalam (Senin (17/2), Red),” ucap Lasmadi.

Reruntuhan gapura dengan bentuk yang unik itu menutup sebagian besar akses jalan masuk ke desa. Alhasil, para pengendara yang hendak masuk atau keluar jalur tersebut terpaksa dialihkan.

Tanda-tanda robohnya bangunan itu juga sempat diketahui warga sekitar pukul 15.00. “Ada yang mendengar seperti ada gerakan dari gapura,” terangnya.

Rabu (18/2) pagi, warga setempat juga langsung bekerja bakti melakukan perbaikan.

Langkah pertamanya adalah menyisihkan puing-puing gapura yang berada di tengah jalan agar akses jalan tersebut dapat dilalui kembali. “Dibereskan dulu, kalau pembangunannya nunggu arahan lagi,” katanya.

Bentuknya yang unik, gapura yang berada di tengah area pesawahan warga itu juga sering menyita perhatian tersendiri bagi pengendara yang melintas. Sejumlah warga juga menyesali saat tahu gapura tersebut salah satunya telah roboh.

“Padahal bagus, bisa buat selfi. Seperti di gerbang kerajaan,” terang Mustofa, salah satu pengendara yang sempat mampir di lokasi.

Warga berharap bangunan itu dapat diperbaiki kembali. Selain sebagai salah satu ikon desa, diharapkan bisa menjadi alternatif hiburan pengendara yang melintasi jalan raya tersebut. (son/nis)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia