alexametrics
Sabtu, 04 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Sportainment Surabaya
icon featured
Sportainment Surabaya
Piala Gubernur Jatim 2020

Diwarnai Hujan Kartu, Persebaya Tembus Final Usai Tekuk Arema FC 4-2

18 Februari 2020, 18: 34: 56 WIB | editor : Agung Nugroho

FINAL REK: Pemain Persebaya Surabaya merayakan kemenangan atas Arema FC di Stadion Supriyadi Blitar, Selasa (18/2).

FINAL REK: Pemain Persebaya Surabaya merayakan kemenangan atas Arema FC di Stadion Supriyadi Blitar, Selasa (18/2). (NET/PERSEBAYA.ID)

Share this      

BLITAR – Persebaya Surabaya memastikan maju ke final Piala Gubernur Jatim 2020 setelah sukses menaklukkan Arema FC dengan skor meyakinkan 4-2 dalam laga tanpa penonton di Stadion Soepriadi, Blitar, Selasa (18/2). Persebaya akan menghadapi Persija Jakarta dalam laga final yang akan digelar Kamis (20/2) mendatang.

Laga Persebaya melawan Arema FC ini berlangsung ketat bahkan cenderung panas. Hal ini tak hanya karena atmosfer persaingan kedua kesebelasan yang cenderung memanas. Bahkan, kubu kedua suporter dikabarkan saling bentrok di luar stadion.

Pertandingan kali ini juga tercatat diwarnai hujan kartu karena kerapnya pemain kedua kesebelasan bersinggungan di lapangan. Wasit Fariq Hitaba asal Yogyakarta tercatat mengeluarkan total 11 kartu kuning dan 2 kartu merah untuk kedua kesebelasan dalam partai Derby Jatim ini.

Begitu peluit dibunyikan tanda pertandingan dimulai, Persebaya terlihat mendapat tekanan lebih dulu dari Arema FC. Bahkan, Bajol Ijo lebih dulu tertinggal setelah kapten Arema FC, Johan Ahmad Alfarizie, sukses menceploskan bola di menit ke-3 yang membuat skor sementara 0-1 untuk keunggulan Arema.

Tertinggal satu gol membuat Green Force menaikkan intensitas menyerang. Lewat kerja sama cantik duet lini depan David da Silva dan Makan Konate mampu menciptakan peluang. Namun rapatnya lini pertahanan Arema membuat Persebaya belum mampu mencetak gol penyeimbang hingga laga berjalan 20 menit.

Persebaya baru memiliki kesempatan untuk menyamakan skor setelah penyerang Arema FC, Jonathan Bauman, dikartu merah langsung oleh wasit karena menendang stopper Arif Satria di menit ke-17.

Memanfaatkan keunggulan pemain, Persebaya akhirnya menyamakan skor di menit ke-27 lewat aksi solo run David da Silva. Pemain asal Brazil ini menipu dua pemain Arema hingga menuntaskannya dengan sepakan terarah yang gagal dijangkau kiper Kurniawan Kartika Aji.

Di masa injury time babak pertama, papan skor kembali berubah setelah striker asal Palestina, Mahmoud Eid, yang baru saja dimasukkan menggantikan Supriyadi sukses memanfaatkan umpan lambung Makan Konate dari tengah lapangan.

Lepas dari jebakan offside, Eid langsung menanduk bola yang telat disambar kiper Kartika Aji. Skor 2-1 untuk keunggulan Persebaya bertahan hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama.

Di babak kedua, coach Aji Santoso menarik keluar Oktavianus Fernando dan memasukkan Irfan Jaya pada menit ke-52. Hanya butuh waktu satu menit merumput, penyerang sayap asal Papua itu sukses menambah gol Bajol Ijo lewat tendangan keras kaki kanannya yang meluncur deras ke sisi kiri gawang Arema.

Sayang pada menit ke-58, stopper Aburizal Maulana mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Kushedya Yudo dari belakang. Ia pun mendapatkan kartu merah yang membuatnya harus keluar lapangan.

Persebaya kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-65 lewat kaki David da Silva yang sudah berhadapan langsung dengan Kartika Aji. Namun, striker plontos itu gagal mencetak gol setelah tendangan cungkilnya berhasil ditepis kiper.

Namun da Silva membayar kegagalannya pada menit ke-69. Berawal dari counter attack cepat, Irfan Jaya melakukan akselerasi dan mengirim umpan silang ke arah kotak penalti. Umpan matang itu disambut sundulan da Silva yang langsung merobek gawang Kartika Aji untuk kali keempat.

Tiga menit berselang, Elias Alderte memperkecil ketertinggalan Arema FC menjadi 2-4 memanfaatkan umpan terobosan dari Kushedya Yudo. Tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan berakhir. Skor 4-2 untuk kemenangan Persebaya Surabaya.

Hasil ini membawa skuat asuhan Aji Santoso itu ke final Piala Gubernur Jatim Tahun 2020 menghadapi Persija Jakarta yang pada semifinal sebelumnya mengandaskan Madura United dengan skor tipis 2-1. (jay)

Susunan Pemain

Persebaya: 20-Rivky Mokodompit; 22-Aburizal Mulana, 24-Arief Satriya, 32-Rizky Rido, 77-Nasir; 89-Hambali Tholib (17-Ricky Kambuaya 56'), 96-M. Hidayat, 10-Makan Konatel 11-Supriadi (Mahmoed Eid 29'), 8-Oktavianus Fernando (41-Irfan Jaya 52'), 7-David da Silva

Pelatih: Aji Santoso

Arema FC: 96-Kurniawan Kartika Aji, 88-Vikran Akbar, 44-Nurdiansyaj, 26-Taufik Hidayat, 87-Johan A. Alfarizi, 19-Hanif Sjahbandi, 7-Oh In Kyun, 92-Dave Mustain, 16-Ridwan Tawainela (41-Dendi Santoso 46'), 33-Elias Alderte, 32-Jonatan Bauman

Pelatih: Mario Gomez

(sb/jay/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia