alexametrics
Jumat, 03 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Politik Surabaya
icon featured
Politik Surabaya

Nasdem Janji Siapkan Kejutan untuk Pilkada Surabaya

18 Februari 2020, 16: 59: 42 WIB | editor : Agung Nugroho

SIAPKAN BACALON: Ketua DPD Nasdem Surabaya Robert Simangunsong (kiri) memberikan keterangan pers.

SIAPKAN BACALON: Ketua DPD Nasdem Surabaya Robert Simangunsong (kiri) memberikan keterangan pers. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA -  Partai Nasdem belum menentukan sikap pemberian dukungan kepada bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, meskipun beberapa partai seperti PKB, PAN, PPP, Partai Demokrat, dan Gerindra sudah menentukan arah mendukung Machfud Arifin (MA) sebagai bakal calon wali kota Surabaya.

Namun, Nasdem bakal mengumumkan nama calon yang akan diusung dalam pilwali Surabaya 2020 pada pekan ini. “Dalam dua sampai tiga hari kedepan bakal ada kejutan dari Nasdem terkait siapa yang didukung dalam pilwali Surabaya,” terang Ketua DPD Nasdem Kota Surabaya, Robert Simangunsong, usai menerima SK Kepengurusan DPD Partai Nasdem Surabaya, Senin (17/2).

Menurut Robert, nama tersebut sudah ada di DPP Nasdem. Kemudian nanti DPP akan sampaikan ke DPD Nasdem Surabaya melalui DPW Nasdem Jatim. Lalu rekomendasi itu akan diserahkan pada calon yang dimaksud. Selanjutnya dia diperintahkan untuk mengumumkan nama calon yang diusung kepada masyarakat Surabaya.

“Pasti kita umumkan, agar warga Surabaya mengetahui calon yang diusung partai Nasdem. Setelah itu, Nasdem akan mensosialisasikan calon yang diusung pada masyarakat secara door to door. Hal itu dilakukan supaya warga mengenal dan akan memililh calon yang diusung Nasdem pada pilwali Surabaya,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) DPD Nasdem Surabaya, Srihono Yularko  mengatakan ada 11 nama bakal calon dalam penjaringan Nasdem Surabaya.

Beberapa waktu lalu, DPD Nasdem Surabaya melakukan perangkingan atas 11 nama itu untuk direkomendasikan ke pusat. Ada tiga nominator yang telah dihasilkan dalam perangkingan itu.

"Sesuai urutan perangkingan, yang pertama Vinsensius Awey (mantan anggota DPRD Surabaya dari Nasdem), kedua Harianto (Peradi Surabaya), lalu Gus Hans (KH Zahrul Azhar)," terangnya.

Ketiga nominasi itu sudah akan diusulkan ke DPP. Namun, kata Yularko, berdasarkan Surat Keputusan Partai Nasdem, DPP bisa memunculkan nama lain dari hasil survei yang dilakukan sendiri oleh DPP.

"DPP melakukan survei atas sejumlah nama calon yang running di Surabaya. Maka, ya, ditunggu saja kejutan seperti yang disampaikan Pak Robert (Robert Mangunsong Ketua DPD Surabaya," ujarnya.

Partai Nasdem tidak bisa mengusung calon atau pasangan calon sendirian di pilwali Surabaya. Sebab Nasdem hanya memiliki tiga kursi di DPRD Kota Surabaya. Padahal syarat minimal partai politik atau gabungan partai politik boleh mengusung calon di pilwali Surabaya minimal mengantongi 10 kursi.(mus/rak)

(sb/mus/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia