alexametrics
Minggu, 05 Apr 2020
radarsurabaya
Home > Surabaya
icon featured
Surabaya

Hadapi Era 4.0, Diskominfo Kirim ASN ke Program Apple Developer

18 Februari 2020, 16: 51: 45 WIB | editor : Agung Nugroho

TINGKATKAN SKILL: Tiga ASN Kominfo yang akan belajar soal big data.

TINGKATKAN SKILL: Tiga ASN Kominfo yang akan belajar soal big data. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim ikut berperan aktif dalam menghadapi tantangan era industri 4.0 dengan mengirimkan tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Program Apple Developer Academy Indonesia 2020.

Para ASN tersebut, adalah Taufiq Ramadhani, Martin Ivo Hardinoto, dan Ibrahim Yunus Muhammad Fiqhan. Mereka akan mengikuti pelatihan selama 10 (sepuluh) bulan, dimulai pada 17 Febuari hingga pertengahan Desember 2020.

"Saat ini kita telah memasuki Era Industri 4.0 yang ditandai dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti teknologi sistem siber-fisik" kata Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Prov Jatim, Danu Ardhiarso.

Menurut Danu,  Era Industri 4.0 menjadi tantangan untuk Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur untuk mengembangkan pemanfaatan Big Data, untuk mendukung tercapainya kebijakan yang solutif dan layanan masyarakat yang berkualitas.

"Dengan mengikutsertakan pegawai kita di program Apple Academy ini, diharapkan akan menjadi salah satu langkah strategis dalam mencetak generasi muda Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Jawa Timur yang memiliki orientasi dan wawasan yang bersifat global dan bersifat kekinian," tambahnya.

Mengikutsertakan pegawai ASN ke dalam program Apple Academy tersebut dapat menjawab tantangan di Era Industri 4.0 yang ada pada saat ini. “Sebagai organisasi perangkat daerah yang bertanggung jawab terhadap implementasi dan pemanfaatan tekonologi pada lingkup pemprov Jatim, telah mempersiapkan untuk sumber daya aparaturnya dengan SDM-SDM yang bertalenta mumpuni dan profesional,” pungkasnya.

Fasilitas Apple Developer Academy dibuat untuk memperkenalkan, melatih, dan menginspirasi siswa tentang iOS. Kelas yang ada di Apple Developer Academy meliputi pembelajaran bahasa pemrograman Objective-C dan Swift.

Swift adalah bahasa program intuitif dan kuat oleh Apple dan dibuat untuk membuat aplikasi di iOS, Apple TV dan Apple Watch. Swift memberikan pengembang kebebasan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat generasi perangkat lunak yang mutakhir.(mus/rak)

(sb/mus/Nug/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia